image

Ilustrasi: Istimewa

14 Januari 2018 | 16:28 WIB | Pilkada Serentak

Gakkumdu Akan Dibentuk di Setiap Kecamatan

BONDOWOSO, suaramerdeka.com- Kapolres Bondowoso, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, SIK, SH, menegaskan, dalam menangani pelanggaran Pemilu, Polri, Kejaksaan dan Panwas Kabupaten setempat telah membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). 

"Jika di dalam tahapan pemilu ditemukan adanya unsur pelanggaran tindak pidana pemilu, maka sentra Gakkumdu yang akan menangani secara khusus," kata Kapolres, Sabtu (13/1).

Kapolres menuturkan, sentra Gakkumdu dibentuk oleh undang-undang mulai dari tingkat pusat sampai daerah, yang bertujuan mensukseskan pemilu dan menjaga marwah demokrasi. 

"Nantinya ini juga akan terbentuk di setiap kecamatan," ujarnya.

Sementara untuk memudahkan masyarakat melapor terkait adanya pelanggaran pemilu, nantinya akan disediakan kantor Gakkumdu yang berpusat di kota. 

Petugas akan memeriksa dan mengkaji laporan-laporan tersebut untuk mengetahui apakah termasuk ranah pidana atau umum. Jika tidak termasuk pidana pemilu maka laporan tersebut akan dikembalikan kepada pelapor. 

"Misalnya seperti adanya bentrokan saat kampanye, kita akan pelajari apakah termasuk pidana umum atau pidana pemilu," katanya. 

(RRI /CN41 )

NEWS TERKINI