image

Tim gabungan yang melibatkan personel SAR, relawan siaga bencana, anggota Polsek dan Koramil, melakukan evakuasi mayat korban dari aliran Kali Pakis. (suaramerdeka.com/ Bambang Purnomo) 

14 Februari 2018 | 13:56 WIB | Solo Metro

Tiga Hari Pencarian, Korban Tenggelam Ditemukan

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Kakek Wage (79), warga Dusun Pengkol RT 1/RW 1, Desa Pokoh Kidul, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, Rabu pagi (14/2), ditemukan tewas setelah tiga hari dilakukan pencarian.

Korban ditemukan tewas tenggelam dan hanyut di aliran Kali Pakis yang bermuara ke perairan Waduk Gajahmungkur, Wonogiri. Mayat korban, ditemukan oleh tim gabungan terdiri atas para personel SAR, relawan siaga bencana, anggota Polsek dan Koramil Wonogiri, bersama pamong desa, nelayan dan warga masyarakat.

Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede dan Kapolsekta Wonogiri Kota AKP Surono, melalui Kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, menyatakan, mayat korban ditemukan tersangkut ranting bambu pada perairan berkedalaman sekitar 3 meter. ''Lokasinya berjarak 500 meter arah hilir dari tempat dia tercebur,'' tambah Paur Subag Humas Polres Aipda Iwan Sumarsono.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyebutkan penemuan mayat Wage berlangsung pada hari ketiga pencarian. Seperti diberitakan, korban dilaporkan hilang tenggelam Senin malam (12/2) lalu. 

Tim gabungan yang melakukan pencarian, terkendala oleh kondisi Kali Pakis yang banyak dipenuhi carang dan sampah, serta sepanjang tepiannya ditumbuhi rumpun bambu berduri.

Upaya pencarian dilakukan memakai jangkar, karena kondisi perairannya tidak memungkinkan untuk diselami. Seusai dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Puskesmas Wonogiri Kota, korban kemudian diserahkan ke pihak keluarganya untuk dimakamkan.

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN33 )