image

JALAN AMBROL : Badan jalan provinsi di wilayah Paweden, Kecamatan Karangkobar ambrol hingga sedalam sekitar lima meter. (suaramerdeka.com / M Syarif SW)

15 Februari 2018 | 08:12 WIB | Suara Banyumas

Atasi Longsor Paweden, Jembatan Darurat Akan Dipasang

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com- Setelah pembersihan material longsoran di ruas jalan Paweden, Kecamatan Karangkobar selesai dilakukan, pemerintah provinsi berencana memasang jembatan darurat.

"Kami sudah kerahkan delapan alat berat untuk menyingkirkan material longsoran di ruas jalan tersebut. Saat ini pekerjaan itu sudah selesai, namun ada masalah baru. Yakni badan jalan ambrol hingga kedalaman sekitar lima meter," kata Bupati Budhi Sarwono, seusai memantau pembersihan lokasi tersebut.

Karena ada masalah badan jalan yang ambrol tersebut, bupati sudah melaporkan ke pemerintah provinsi. Dalam waktu dekat akan dikirimkan jembatan darurat atau jembatan baylei agar lalu lintas masyarakat di daerah atas, khususnya dari Karangkobar, Wanayasa, Pejawaran dan sekitarnya menjadi lancar kembali ketika akan menuju ke Banjarnegara.

"Kami sudah melaporkan kejadian tersebut ke provinsi dan dalam waktu dekat akan dikirim serta dipasang jembatan darurat. Keberadaan jembatan darurat ini sangat penting agar lalu lintas warga, barang-barang dan lainnya lancar kembali. Baik ke Karangkobar dan sekitarnya maupun dari wilayah atas ke pusat kota Banjarnegara," kata bupati.

Pemasangan jembatan darurat kemungkinan menunggu cuaca bersahabat dan berhentinya gerakan tanah di lokasi longsor. Seperti diberitakan, longsoran yang menutup badan jalan provinsi di wilayah Paweden tersebut membuat lalu lintas lumpuh. Yakni dari arah Banjarnegara ke Karangkobar, Wanayasa maupun Pejawaran dan sekitarnya. Demikian juga dari wilayah atas ke Banjarnegara.

Meski ada jalur alternatif melalui Beji, Majatengah, Pagerpelah, Slatri hingga Karangkobar, namun jalurnya sempit sehingga tidak semua kendaraan dapat melaluinya. Ongkos transportasi pun terpaksa naik karena jalur alternatif itu memutar

(M Syarif SW /SMNetwork /CN26 )