image

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo (dua dari kiri, memegang mike) saat menjadi pembicara di Diskusi Prime Topic. (suaramerdeka.com/Nugroho Wahyu Utomo)

16 April 2018 | 11:57 WIB | Pilkada Serentak

Ketua KPU Jateng: Partisipasi Pemilih Tak Terlalu Minim

SEMARANG, suaramerdeka.com- Ketua KPU Jateng,  Drs Joko Purnomo, kurang sependapat jika partisipasi pemilih di Jateng minim. Dia lalu memberi contoh, saat kampanye, hanya dengan dana sebanyak Rp 3,5 juta digelar kampanye dan menyajikan hiburan wayang kulit atau musik,tohsudah menarik massa cukup banyak.

"Mereka ini yang hadirkanpara pemilih," kata Joko Purnomo, dalam diskusi Prime Topic yang digelar MNC Trijaya FM Semarang, dengan tema: Pilgub Jateng Berkarakter dan Bermartabat, di Rosti Resto & Cafe Semarang, Senin (16/4).

Namun menurut Joko, ada upaya agar partisipasi pemilih di Jateng dalam pilkada nanti menjadi tinggi. "Misalnya, untuk pemilih yang tidak berdomisili di Jateng, agar digelar tempat pemungutan suara (TPS) di luar Jateng. Tetapi itu mustahil dilakukan. Sedangkan di daerah-daerah, para pemilih yang berdomisili luar Jateng, memlih mudik saat jelang pilkada. Artinya, partisipasi pemilih di Jateng tidak terlalu minim," jelasnya.

Selain itu, Joko menambahkan, ada upaya memberikan pendidikan politik tentang pemilu baik itu pilkada,pileg, pilpres. "Akan tetapi hal itu terbentur regulasi larangan pendidikan politik di sekolah. Sehingga pada akhirnya, masih banyak pemilih pemula yang "gagal" dalam melaksanakan pilihan di pemilu pilkada, pileg, atau pilpres," tandasnya.

 

(Nugroho Wahyu Utomo /SMNetwork /CN19 )