image

Foto Istimewa

16 April 2018 | 12:24 WIB | Suara Banyumas

DPC PPP Purbalingga Perpanjang Masa Pencalegan

PURBALINGGA, suaramerdeka.com- Menjelang pemilihan legislatif (pileg) 2019, PPP Kab Purbalingga mulai kebanjiran pendaftar bakal calon legislatif (bacaleg). Susunan bakal calon legislatif (bacaleg) setiap dapil di Kab Purbalingga mulai terisi. Mereka dengan berbagai latar belakang ramai-ramai mendaftarkan untuk menjadi calon legislatif (caleg) yang bisa duduk di kursi wakil rakyat.

Informasi yang dihimpun wartawan, para pendaftar caleg itu berasal dari struktural pengurus parpol dan ada juga dari eksternal partai, atau tokoh yang sebelumnya tidak tercatat sebagai kader.

DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Purbalingga memulai pendaftaran di partai besutan Muhammad Romahurmuziy tersebut, berlangsung sampai 31 Meil 2018. Bersamaan dengan itu, PPP juga melakukan verifikasi pengembalian formulir. “Sebetulnya tahap pertama sudah selesai, diperpanjang sampai 31 April 2018. Kami perpanjang, sambil kita memperpanjang sambil juga kita memverifikasi pengembalian formulir,” ujar Aji Setiawan, ST, Wk Sekretaris DPC PPP Purbalingga.

Komposisi pendaftar yang ada saat ini, menurut dia, seimbang antara internal partai dan eksternal partai. Internal terdiri dari pengurus DPC dan PAC, sedangan eksternal partai adalah tokoh yang sebelumnya belum pernah terdaftar di PPP. “Internal harapannya 60 persen. Tapi yang sekarang ini fifty-fifty,” ucapnya.

Selama penjaringan, dia mengaku partainya tidak memungut biaya pendaftaran sepeserpun. PPP, bahkan membantu mempersiapkan administrasi untuk memudahkan pendaftar. “Semua pendaftaran sudah dipersiapkan, baik pemotretan, SKCK oleh DPC. Kami berharap semua nyaman, tidak pusing dengan urusan foto dan lain sebagainya,” tuturnya.

Menurut Aji Setiawan,  PPP Purbalingga menargetkan dapat meraih minimal satu kursi DPRD Purbalingga di setiap dapil. “Targetnya semua dapil terisi. Karena kita sudah maping kan potensi kader maupun eksternal supaya mengisi di semua dapil,” katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PPP Kab Purbalingga Jawahir Khafidz mengatakan, pendaftar bacaleg di partainya bervariasi. “Ada beberapa dapil yang sudah terisi, namun ada juga masih belum. Sudah ada dapil yang beberapa sudah lebih target,” ucapnya.

Dia mengatakan, pembukaan terus dilakukan sampai kuota yang dibutuhkan terpenuhi. Pengumuman pendaftaran telah disebar melalui baliho dan spanduk di wilayah dan online Lebih lanjut Djawahir menjelaskan bahwa DPC PPP Purbalingga mengundang seluruh komponen mulai dari politisi, pengusaha, kelompok profesional, ormas-ormas, kalangan artis hingga kalangan jurnalis untuk mencalonkan diri melalui PPP.

“Selain itu, kami juga mengajak PAC PPP Se Kab Purbalingga untuk mengajukan calon yang memenuhi syarat untuk maju dalam Pileg 2019. PAC PPP diharapkan pro aktif untuk mengakomodasi dan menyeleksi calon mulai sekarang,” kata Jawahir Khafidz. 

“Kami menyediakan formulir pendaftaran di kantor DPC PPP Purbalingga sampai akhir Juni 2018. Kami juga membuka pendaftaran secara online di www.ppp.or.id dan www.siappp.com,” kata Aji Setiawan,ST 

(Red /CN19 )