image

Ribuan warga India berdemonstrasi hari Minggu (15/4) di Mumbai, dan berbagai kota lainya untuk menuntut keadilan atas dua korban perkosaan yang masih anak-anak. (Foto: Reuters)

16 April 2018 | 15:52 WIB | Mancanegara

Kasus Pemerkosaan Anak Picu Protes Luas di India

MUMBAI, suaramerdeka.com- Ribuan orang berdemonstrasi di seluruh India, Minggu (15/4) menuntut keadilan untuk dua korban muda perkosaan. Massa mempertanyakan upaya pemerintah menjamin keamanan anak-anak dan perempuan.

Kemarahan merebak minggu ini setelah perkosaan dan pembunuhan brutal terhadap seorang anak perempuan berusia delapan tahun dari suku nomad Muslim di wilayah Kashmir India yang didominasi etnis Hindu pada bulan Januari menjadi berita utama nasional.

Kasus ini menjadi perhatian setelah pengacara yang meneriakkan slogan nasionalis Hindu berusaha menghalangi polisi mengajukan tuntutan di pengadilan terhadap delapan pria yang dituduh, semuanya orang Hindu.

Di antara yang memprotes penahanan mereka adalah dua menteri Partai Bharatiya Janata pada pemerintahan Kashmir setempat.

Kedua menteri mengundurkan diri setelah menghadapi tuduhan menghalang-halangi keadilan, Mahkamah Agung menuntut jawaban dari para pengacara atas perilaku mereka dan Perdana Menteri Narendra Modi telah berjanji untuk menjamin keadilan bagi terdakwa.

Tetapi hal ini gagal memadamkan gelombang kemarahan pria dan wanita biasa di negara itu. Dengan membawa plakat di kota-kota seperti New Delhi, Mumbai, Bengaluru, dan Kolkata, mereka menyerukan tindakan cepat untuk menghukum para pelaku, peradilan yang lebih cepat dan hukuman yang lebih keras bagi pemerkosa anak.

Di antara para demonstran di New Delhi adalah seorang pekerja profesional berusia 37 tahun, Aditi Sengupta. “Saya sudah mencapai titik jenuh. Saya jemu dengan cara negara memperlakukan perempuan” kata Sengupta.

Kasus seorang gadis berusia 16 tahun di Unnao di Uttar Pradesh, yang menuduh seorang anggota parlemen BJP yang berkuasa di negara bagian itu memperkosanya Juni lalu juga memicu kemarahan.

(VOA /CN33 )