image

PROYEK FISIK: Satgas TMMD dan warga Desa Karangjambu menyelesaikan proyek fisik pembuatan jalan makadam. (Foto: suaramerdeka.com/Arief Noegroho)

16 April 2018 | 16:33 WIB | Suara Banyumas

Program TMMD Sejalan Dengan Program Pemkab

PURBALINGGA, suaramerdeka.com- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke 101 di Desa Karangjambu, Kecamatan Karangjambu sejalan dengan apa yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga. 

Beberapa pembangunan fisik seperti rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan dan peleberan jalan adalah sedikit contoh kegiatan yang dilakukan.

Diakui Bupati Purbalingga, Tasdi, seluruh elemen masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan yang dikomandoi TNI tersebut. Dia menyebut, revolusi mental yang didengungkan pemerintah pusat mampu diterjemahkan masyarakat melalui kegiatan TMMD. 

Tasdi mengatakan, program fisik bisa berdampak non fisik ketika seluruh elemen masyarakat menyadarai arti pentingnya gotong royong untuk membangun Purbalingga.

"TMMD yang dipelopori TNI ternyata mampu menginterpretasikan apa yang di programkan Pemkab. Beginilah seharusnya stake holder yang ada di lingkungan pemerintahan. Harus saiyeg saeko proyo holobis kuntul baris,” kata Tasdi.

Dandim 0702 Purbalingga, Letkol Inf Andi Bagus Dian Arika menjelaskan, TNI tidak akan bisa bergerak tanpa kerjasama semua pihak termasuk fasilitasi dari Pemkab Purbalingga. 
“Kami merasa dibantu oleh semua pihak khususnya Pemkab Purbalingga. Tanpa kemudahan fasilitas yang diberikan Pemkab, kami akan kesulitan melakukan apa yang telah diprogramkan,” ujar Dandim.

(Arief Noegroho /SMNetwork /CN41 )