image

foto ilustrasi: istimewa

16 April 2018 | 20:36 WIB | Suara Pantura

Program Eling-PBB Digalakkan

TEGAL, suaramerdeka.com- Pemkab Tegal kembali menggalakkan program Eling-PBB sebagai terobosan terbaru di bidang teknologi informasi. Aplikasi yang bisa diakses via smartphone dan android ini memudahkan masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB P2) di mana saja dan kapan saja.

Upaya itu dilakukan agar target pendapatan PBB P2 sebesar Rp 26 miliar bisa tercapai di tahun 2018. "Saya sangat mengapresiasi berbagai upaya dan inovasi yang telah ditempuh dalam mengoptimalkan perolehan pendapatan PBB P2 dengan menawarkan berbagai kemudahan cara pembayaran, salah satunya lewat aplikasi Android ‘Eling-PBB’ sebagai terobosan terbaru di bidang teknologi informasi," kata Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Tegal, Sinoeng N Rachmadi, baru-baru ini.

Dikatakan, PBB P2 adalah salah satu sumber pendapatan potensial yang mampu menyumbang 28,98 persen dari sektor pajak daerah atau sekitar 7 persen dari keseluruhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tegal. Sementara itu, jumlah obyek pajak PBB P2 tahun ini 669.591 wajib pajak dengan potensi penerimaan sebesar Rp 29,68 miliar.

Teladan ASN

‘’Target raihan PBB P2 tahun ini menjadi tantangan tersendiri untuk dicapai,’’ ujarnya.

Terkait upaya mengoptimalkan perolehan PBB P2, Sinoeng meminta para aparatur sipil negara (ASN) bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam pembayaran PBB P2.

"Pada bulan panutan PBB P2 ini, saya titip pesan agar PNS sebagai panutan di masyarakat dapat menunjukkan sikap keteladanan dalam membayar PBB tepat waktu. Dengan melakukan ini, akan menjadi sebuah gerakan yang baik dan menyadarkan para wajib pajak akan kewajibannya," pintanya.

Sementara itu, program Eling-PBB dinilai mampu mempermudah masyarakat untuk membayar PBB, karena bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Aplikasi ini jug memudahkan para pemilik tanah di Kabupaten Tegal yang tinggal di luar kota. Tidak hanya itu, wajib pajak juga bisa melihat baku pajak yang harus dibayar.

(Dwi Putra GD /SMNetwork /CN40 )