image

Foto: Istimewa

17 April 2018 | 01:58 WIB | Nasional

Jurus Deddy Mizwar Genjot Pertanian

SUBANG, suaramerdeka.com- Cagub Deddy Mizwar bakal memprioritaskan penyediaan air baku, air bersih dan irigasi untuk sektor pertanian. Ketiga hal tersebut merupakan kunci guna meningkatkan produktivitas.

"Itu menjadi visi kita dan merupakan program prioritas," jelas Deddy dalam keterangan yang diterima, Senin (16/4). Menurut dia, penyediaan air baku dan irigasi merupakan hal yang sangat penting. Terlebih saat ini pun masih banyak daerah yang belum mendapatkan penyediaan air bersih dan irigasi. 

"Kita mendorong bagaimana irigasi bisa optimal, saat ini baru sekitar 73 persen daerah yang telah ada irigasi. Artinya masih ada sekitar 27 persen daerah di Jabar yang belum mendapatkan irigasi, begitu juga dengan air bersih, itu ada sekitar 27 persen masyarakat yang belum mendapatkan air bersih," katanya. 

Dari data yang ada, beberapa spot daerah di Jabar belum mendapatkan irigasi dan air bersih. Terutama di daerah pertanian seperti halnya di Indramayu dan Karawang. 

"Indramayu saja belum semuanya, dari 119 hektar, baru 90 ribu yang teririgasi, artinya ada 25 hektar yang belum," katanya. 

Menurut dia, untuk wilayah Indramayu, irigasinya memanfaatkan Waduk Jatigede. Namun demikian waduk tersebut baru bisa memasok ke sekitar 90 ribu hektar. Sementara masih ada lahan pertanian yang belum mendapat pengairan irigasi.

(Setiady Dwi /SMNetwork /CN39 )