image

Foto: Istimewa

17 April 2018 | 02:13 WIB | Ekonomi dan Bisnis

BCA Luncurkan Kartu Debit Chip Berlogo GPN

JAKARTA, suaramerdeka.com - PT Bank Central Asia Tbk meluncurkan rangkaian kartu debit yang dilengkapi logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan teknologi chip.
Rangkaian kartu debit berlogo Garuda tersebut hadir dalam paspor debit, paspor debit gold, dan paspor debit platinum. 

Direktur BCA Santoso mengungkapkan, peluncuran kartu debit berlogo Garuda tersebut sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional. Hal ini merupakan dukungan BCA dalam mendukung program GPN yang digagas dunia perbankan dan Bank Indonesia.

Selain itu, peluncuran ini juga mewujudkan terciptanya efisiensi sistem pembayaran, meningkatkan keamanan, dan memperkuat kemandirian sistem pembayaran nasional.

"Peluncuran kartu paspor BCA GPN merupakan wujud komitmen BCA untuk mendukung pemerintah dalam mengoptimalkan pemrosesan transaksi dalam negeri," kata Santoso dalam acara peluncuran kartu debit BCA GPN di Menara BCA, Senin (16/4).

Dia menambahkan dengan menggunakan kartu debit BCA berlogo GPN, maka efisiensi sistem pembayaran dapat dicapai. Ini melalui sharing atau saling berbagai infrastruktur antarbank di Indonesia. "Hal ini tentunya akan mendorong kemandirian sistem pembayaran nasional," ungkap Santoso.

BCA menargetkan 2 juta kartu debit BCA berlogo Garuda dapat diterbitkan pada tahun 2018 ini. Ia menyebut, hal ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi nasabah, namun juga kepada pelaku industri dan merchant (toko).

Kartu debit BCA berlogo Garuda dikhususkan bagi transaksi di dalam negeri. Selain itu, kartu ini pun tidak hanya dapat digunakan untuk transaksi menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan electronic data capture (EDC) milik BCA, namun juga milik bank-bank lainnya di Tanah Air.

"Kami ingin melaksanakan kenyamanan dan kemananan. Masyarakat bisa transaksi di channel (kanal) manapun," ungkap santoso.

Dia menambahkan, dari jumlah kartu debit yang diterbitkan  BCA sebanyak 16,2 juta akan dikonversi ke kartu paspor berlogo PGN dengan chip tersebut.

"Tiga empat tahun kita percepat konversinya.  Kita ingin masyarakat gunakan kartu ini karena nilai tambahnya lebih," tambah Santoso.

Saat ini konversi kartu debit BCA tersebut dapat dilakukan di area Jabodetabek secara gratis. Adapun saat ini, lanjutnya, jumlah kartu debit yang sudah dikonversi sebanyak 5,2 juta atau 30?ri total kartu debit BCA.

Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia Pungky P Wibowo menambahkan ke depan perbankan nasional akan menerbitkan kartu debit berlogo GPN secara serentak pada 3 Mei mendatang.

"Kartu debit dengan chip itu persaingan yang semakin baik dalam memberi pelayanan buat masy. Yang luar negeri nanti, ini bertahap dalam negeri dulu. Kalau di luar begeri kartu kredit. Kelasnya juga berbeda penggunanya," katanya.

(Kartika Runiasari /SMNetwork /CN39 )