image

DI PERBATASAN DAERAH : Pintu tol Soker di Jalan Raya Solo-Semarang di perbatasan Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, Senin (16/4). (suaramerdeka.com/Asep Abdullah)

17 April 2018 | 02:30 WIB | Solo Metro

Lebaran, Pintu Tol Ngasem Dipastikan Dibuka

  • Kurangi Kemacetan di Kartasura

SUKOHARJO, suaramerdeka.com – Pintu tol Solo-Kertosono (Soker) yang berada di kawasan perbatasan Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo dipasatikan dibuka saat arus mudik dan balik Lebaran.

Menurut Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Ahmad Saryono, kepastian itu didapatkan setelah adanya rapat monitoring bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VII Semarang.

Rapat itu lanjut dia, memastikan pembukaan pintu tol di kawasan perbatasan Desa Kertonatan, Kecamatan Kartasura. “Pintu tol pasti dibuka Lebaran. Kami menyambutnya,” tuturnya, Senin (16/4). 

Dia menerangkan, dengan adanya kepastian pembukaan pintu tol Soker yang hanya berjarak puluhan meter dari Kecamatan Kartasura di Jalan Raya Solo-Semarang itu, akan berdampak positif bagi arus lalu lintas di wilayah Kota Makmur.

Pasalnya menurut dia, jutaan kendaraan dari arah barat (Semarang atau Jakarta) saat arus mudik dan balik Lebaran, tidak menumpuk di Kartasura. “Akan berbelok ke arah utara atau masuk pintu tol jika tujuannya ke kawasan Jawa Timur. Ini kan bagus ya,” terang dia. 

Dikatakan, pembukaan pintu tol di kawasan Ngasem itu beberapa bulan ini ditunggu Pemkab. Karena lanjut dia memang ditunggu warga dan pengendara. Mengingat pengalaman arus mudik dan balik Lebaran tahun lalu saat pintu tol dibuka sebagai fungsional, menekan angka kemacetan di Kartasura. Diantaranya di kawasan lampu merah Ngasem, Tugu Kartasura dan Pasar Kartasura.

“Kemacetan pada titik-titik itu, terpangkas. Dalam catatan kami, mampu menekan kemacetan 40-50 persen,” katanya. 

Kasatlantas Polres, AKP Finan Radipta mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi menjelaskan, jika pengamanan untuk pintu tol Soker di kawasan Ngasem, ditangani langsung oleh Polres Boyolali. Namun pihanya tetap mempersiapkan petugas di kawasan perbatasan. Mengingat jarak antara pintu tol dengan Kota Makmur hanya puluhan meter.

“Saat Lebaran nanti, akan ada pos lalu lintas di sekitar perbatasan. Dan titik kemacetan di Tugu Kartasura. Kami siapkan pengamanan penuh,” aku dia. 

(Asep Abdullah /SMNetwork /CN39 )