image

CURUG SIJEGLONG: Wisatawan mencoba sensasi di Curug Sijeglong  Desa Margosono, Kecamatan Tersononyang masih alami dan punya potensi besar jadi objek wisata unggulan. (suaramerdeka.com/Kuswandi)

17 April 2018 | 02:59 WIB | Suara Pantura

Objek Wisata Perlu Pembenahan Serius

BATANG, suaramerdeka.com- Kalangan DPRD Batang menyambut baik langkah Bupati Wihaji dan Wakil Bupati Suyono menjadikan pariwisata sebagai salah satu prioritas utama pembangunan. Namun pembenahan harus sungguh-sungguh di berbagai objek wisata agar tidak tertinggal dari daerah lain. 

''Harus ada pembenahan secara serius jika pariwisata Batang ingin berkembang dan tidak tertinggal dari daerah lain,'' ujar Wakil Ketua DPRD Batang Nur Untung Slamet, kemarin. 

Batang memiliki potensi besar di bidang pariwisata. Jika bisa dikelola dengan benar, akan mampu menghadirkan kunjungan wisatawan dalam jumlah besar, baik wisatawan dalam negeri maupun turis mancanegara.

''Setelah dibenahi, kami berharap, promosi wisata  juga ditingkatkan. Lalu diikuti dengan suntikan ide-ide baru untuk mendatangkan wisatawan. Parameter keberhasilannya sederhana, banyak wisatawan yang mengunjungi Batang, mereka mau lama tinggal di Batang dan ekonomi masyarakat juga ikut tumbuh,'' katanya.

Untung menambahkan, saat ini pengembangan pariwisata menjadi tren bagi daerah-daerah untuk menjual potensi dan keunggulan daerah masing-masing. Menurut Untung, harus ada revolusi di pariwisata Batang. 

Kreasi dan inovasi perlu terus digulirkan agar pariwisata Batang tidak hanya berada di posisi rata-rata. Batang ke depan juga harus masuk dalam peta daerah yang maju pariwisatanya di tingkat regional, bahkan nasional.

''Jika ingin Batang menjadi salah satu kiblat pariwisata, maka berbagai faktor pendukung harus dipersiapkan. Salah satu kuncinya melakukan pembenahan besar-besaran. Harus juga berpikir out of the box dan adu cepat dengan daerah lain kalau ingin berhasil,'' tegasnya. 

(Kuswandi /SMNetwork /CN39 )