image

Ilustrasi Istimewa

17 April 2018 | 11:31 WIB | Suara Kedu

Puskesmas Gamping I  Maju Lomba FKTP DIY

SLEMAN, suaramerdeka.com- Tim penilai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi tingkat DIY tahun 2018 melakukan  penilaian di Puskesmas Gamping I, kemarin. Poin yang dinilai meliputi implementasi mutu ketepatan dan keselamatan pasien, keamanan manajamen risiko, serta inovasi.

Ketua tim penilai, Taufik menjelaskan, selain melihat secara langsung program pelayanan kesehatan, kegiatan kunjungan ini juga sebagai pembinaan orientasi  peningkatan akses yang ada di Puskesmas Gamping I.

“Secara nasional telah ditetapkan semua fasilitas kesehatan harus memenuhi standar mutu dan akreditasi," katanya.

Penilaian FKTP berprestasi ini diharapkan menjadi media evaluasi terhadap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat hingga kabupaten. Salah satu caranya melalui indikator tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan.

Sementara itu, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan,  pelayanan kesehatan terus diupayakan meningkat kualitasnya dengan cara melengkapi sarana prasarana di puskemas dan rumah sakit. Selain itu juga dilakukan penyempurnaan sistem pelayanan, dan peningkatan kapasitas sumber daya kesehatan.

"Kondisi kesehatan masyarakat  Sleman sampai akhir tahun 2017 terbilang baik. Hal ini salah satunya bisa dilihat dari indikator usia harapan hidup yang mencapai angka 74,56 tahun. Angka itu diatas capaian provinsi DIY yaitu 74 tahun, dan nasional 70,86 tahun," paparnya.

Dia berharap dalam penilaian FKTP Berprestasi DIY tahun 2018 ini,  Puskemas Gamping I mampu meraih nilai tertinggi untuk kategori puskemasma perkotaan klinik pratama rawat jalan. Salah satu inovasi yang diusung adalah layanan Tua Keladi yang merupakan singkatan dari Santun Lansia Kesehatan Layak Diperhatikan.

(Amelia Hapsari /SMNetwork /CN19 )

NEWS TERKINI