image

Foto: suaramerdeka.com/Cun Cahya

17 April 2018 | 18:41 WIB | Pilkada Serentak

Sudirman Said-Ida Fauziyah Akan Bangun Komunikasi Intensif dengan Dunia Usaha

SEMARANG, suaramerdeka.com - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said-Ida Fauziyah mendengarkan aspirasi pengusaha dalam business sharing di Hotel Crowne Semarang, Selasa (17/4). 

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW, kadin kota dan kabupaten se-Jawa Tengah, serta para asosiasi pengusaha. 

Sudirman Said mengatakan yang menarik dari semua aspirasi yang disampaikan para pengusaha adalah saling terbukanya komunikasi antara pemerintah dengan dunia usaha. 

"Aspirasi yang disampaikan para pengusaha sudah wajar terkait regulasi, perizinan, dan yang menarik adalah masukan komunikasi sangat penting dengan dunia usaha," katanya

Menurutnya pimpinan pemerintah daerah tidak mungkin bekerja sendirian. Ia mencontohkan dalam mengurus APBD pasti melibatkan pengusaha. 

"APBD tidak semuanya dibelanjakan sendiri, pasti ada yang lewat kontraktoir, vendor, pemasok, itu porsinya dunia usaha. Karena itu tidak mungkin kepala daerah tidak melibatkan dunia usaha," ucapnya.  

Ida Fauziyah menambahkan tidak hanya aspirasi aspek perekonomian tetapi isu-isu kesejahteraan juga menjadi perhatian dunia usaha. Ia menjelaskan representasi gender dalam perekonomian di Jawa Tengah juga masih sangat rendah. 

"Konteks Jawa Tengah dengan jumlah perempuan banyak ternyata angka kemiskinan terbanyak juga perempuan. Jawa Tengah menyumbang banyak TKW di luar negeri. Kalau mengirimkan banyak TKW berarti tidak tersedia lapangan kerja cukup dan ada kemiskinan di daerah tersebut," jelasnya. 

Ida pun berjanji jika terpilih akan mengedepankan  APBD yang pro pada pengembangan sumber daya masnusia, perempuan, masyarakat miskin, dan santri. 

Ketua Umum Kadin Jawa Tengah Kukrit SW menuturkan pengusaha menginginkan kepala daerah yang bisa diajak berkomunikasi terbuka untuk bisa mengembangkan dan menyelesaikan segala permasalahan terkait dunia usaha. 

Jawa Tengah dengan pusat industri besarnya serta UKM terbanyak di Indonesia memberikan peluang dan tantangan sehingga diperlukan koordinasi dan komunikasi yang baik antara kepala daerah dan pengusaha. 

"Kadin Jawa Tengah selalu berkomunikasi sebagai saudara karena semua pelaku usaha di Jawa Tengah solid.  Kalau kriteria gubernur diharapkan yang gampang diajak komunikasi dan gampang diajak bersaudara," pungkasnya. 

(Cun Cahya /SMNetwork /CN41 )

NEWS TERKINI