image

Foto: Paul Ellis /AFP/Getty Images

09 Februari 2018 | 08:21 WIB | Liga Jerman

Agar Lebih Kompetitif, Effenberg Usulkan Format Baru untuk Bundesliga

MUENCHEN, suaramerdeka.com- Mantan pemain Jerman, Steffan Effenberg mengusulkan format baru untuk Bundesliga agar bisa lebih kompetitif lagi. Hal itu tak lepas dari terlalu dominannya Bayern Muenchen di liga. "Kejuaraan tidak akan bisa ditentukan pada bulan Februari atau Maret, bahkan indikasi awal pun belum akan muncul pada saat itu karena seluruh klub memulai lagi dengan nol poin pada bulan Januari," ucap Effenberg seperti dikutipDaily Mail.

Saat ini, Muenchen nyaman di puncak klasemen Bundesliga dengan keunggulan 18 poin dari rival terdekat, kendati mengawali musim dengan laju kurang menggembirakan. Situasi saat ini membuat Muenchen bakal melenggang untuk meraih gelar juara Bundesliga yang keenam secara berturut-turut. Sejak era Bundesliga pada 1963, Bayern bahkan sudah meraih 26 titel, total 27 di liga teratas Jerman.

Melihat kondisi itu, Effenberg yang pernah tiga musim meraih gelar bersama Muenchen, punya usul merombak format liga agar Bayern tak lagi sedominan itu. Dalam kolomnya untuk T-Online, pria 49 tahun itu melempar usulan agar ke-18 tim peserta Bundesliga nantinya dibagi ke dalam dua grup di awal setiap musim. Masing-masing grup berisikan sembilan tim, yang berduel kandang-tandang sampai periode Natal.

Setelah itu empat tim teratas dari masing-masing grup, plus satu tim posisi kelima terbaik, lolos untuk masuk ke Grup A. Ke-9 tim tersebut berkompetisi lagi dari awal dan bermain secara kandang-tandang di paruh kedua musim untuk menentukan gelar juara. Sementara itu tim-tim terbawah di fase sebelum periode Natal akan masuk ke Grup B. Di paruh kedua musim, ke-9 tim tersebut juga akan berduel lagi satu sama lain dalam usaha menghindari degradasi.

"Itu menjanjikan keseruan yang dua kali lipat; pertama pada fase penyisihan untuk masuk grup atas, kemudian juga pada persaingan untuk gelar juara atau menghindari degradasi," katanya.

 

(Andika Primasiwi /DS /CN26 )