image

SM/dok

10 Desember 2017 | Ikapesta

Representasi Kenangan Melalui Foto

  • Oleh Dhaneswari Tiara

FOTOGRAFImerupakan representasi kenangan dalam setiap momen penting. Ketepatan dalam memilih fotografer dan elemen-elemen di dalamnya menghasilkan sebuah dokumentasi yang dapat dikenang sepanjang masa.

Karena itu, empat vendor fotografi ternama di Semarang ini siap membagikan kiat-kiat mempersiapkan foto terbaik, terutama untuk momen pernikahan yang diharapkan hanya berlangsung sekali seumur hidup.

Moelyono Rahardjo, pemilik dari Narcissus The Ultimate Potrait yang berada di Jalan Beruang Raya 34 Semarang ini menuturkan, untuk mementingkan chemistry dengan fotografer. “Pilihlah vendor dengan kemampuan komunikasi dan koordinasi yang baik, juga chemistry dengan mempelai pengantin dan keluarga besarnya.

Komunikasikan dengan calon vendor untuk mendapatkann range budget, style, dan chemistry. “Lalu bijaksanalah dalam melihat portofolio, karena hasil foto bergantung pada komunikasi yang baik,” ujar Moelyono.

Vendor yang memiliki akun instagram @narcissus.theultimateportrait ini melayani segala macam jasa fotografi berbasis kosultasi, sehingga foto yang dihasilkan berbeda dari setiap klien. Moelyono juga menambahkan, vendornya memiliki studio foto tetap dengan berbagai tema seperti spring, summer, autumn, dan winter.

Sementara itu, Nathanael Calvin, pemilik dari NC Photography yang memiliki akun instagram Nathanael Calvin Photography ini menyarankan untuk memilih fotografer yang sesuai dengan selera. “Pilihlah vendor yang sesuai dengan selera, mungkin dari segi warna dan sebagainya.

Selanjutnya lakukan pertemuan dengan fotografer untuk mendiskusikan konsep, sehingga storyboard dapat disusun dengan baik,” saran Nathanael. NC Photography yang berada di Puri Anjasmiro E 3 No 8 Semarang ini menawarkan berbagai jasa fotografi.

Vendor yang berisi anak-anak muda ini siap mewujudkan setiap ide menjadi sebuah foto berkesan. “Kami mengabadikan momen berharga dari setiap klien dengan sangat baik, karena bagi kami setiap hasil foto memiliki ceritanya masingmasing,” jelas Nathanael.

Tentukan Anggaran

Sementara itu, Sam Yang, fotografer dari Seoul Gallery yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun ini menyarankan untuk tak menilai hasil dari sebuah foto yang menggunakan model.

“Lihatlah lebih banyak karya fotografi setiap vendor. Jangan lihat sample foto yang menggunakan model, karena kebanyakan klien tidak pernah foto shoot sehingga akan merasa gugup saat foto dan menjadikan hasil foto terlihat kaku, berbeda dari model yang sudah terbiasa.

Jangan juga melihat foto candid karena mungkin tidak dapat menciptakan ulang perasaan yang sama. Terakhir lihat foto klien asli dan perhatikan body language/expression customer tersebut.

Pilihkan fotografer yang dapat mengatasi hal tersebut,” jelas Sam. Pemilik akun instagram @Seoulgallery ini memiliki studio eksklusif bergaya Korea dengan 50 background yang dapat digunakan untuk berbagai macam konsep foto.

Selain itu, Sam juga akan mengadakan penawaran khusus pada 2018. “Klien boleh bayar setelah foto dan tidak ada hidden cost atau pressure. Kami akan menhasilkan foto natural agar dapat menyampaikan perasaan pasangan. Apicture is worth a thousand words,” ujar Sam.

Myphotoclub Studio yang diwakili oleh sang pemilik sekaligus fotografer, Prio Isnandar, menyarankan untuk menentukan anggaran awal yang akan digunakan. “Tentukan anggaran awal untuk mengetahui kelas vendor yang akan dipakai. Selanjutnya lakukan survei vendor yang cocok dengan konsep dan selera.

Carilah vendor yang tidak kaku atau lebih fleksibel dalam hal konsep. Ingatlah bahwa ada harga ada rupa, jangan terlalu mementingkan harga murah namun kualitas buruk. Untuk lingkar tanggal lakukanlah maksimal dua bulan sebelum hari berlangsungnya acara,” saran Prio.

Pemilik akun instagram @myphotoclub yang beralamat di Ruko Permata Hijau CC 3/8, Pondok Hasanudin, Jalan Hasanudin Kuningan Semarang ini mengerjakan pembuatan video company profile, animasi 3D untuk instansi swasta ataupun infrastruktur pemerintah. Myphotoclub Studio juga memiliki tim fotografer, videografer, desain grafis, dan animator yang akan mengabadikan momen spesial dalam dokumentasi abadi.

Setelah menyimak langkahlangkah dalam menentukan vendor fotografi yang tepat dari fotografer kenamaan di Semarang ini tentu akan memantapkan klien dalam merepresentasikan kenangan. Kini, pembaca tak perlu khawatir momen-momen spesialnya tak terabadikan dengan apik dalam sebuah dokumentasi. (58)

Berita Lainnya


SMCETAK TERKINI