image

SM/M Syarif SW - Bambang PS

13 Januari 2018 | Suara Banyumas

Petakan Daerah Rawan

UPAYApenanganan dampak longsor di Desa Bantar, Kecamatan Wanayasa, dapat dilakukan bertahap. Saat ini yang jadi prioritas adalah menyelamatkan jiwa warga dan harta benda yang masih bisa digunakan. Setelah itu, melakukan pemetaan daerah rawan gerakan tanah di Dusun Pramen secara khusus dan Desa Bantar secara umum.

Sebab hal itu akan berguna untuk menentukan kebijakan pembangunan permukiman berikutnya pada masa datang. ''Kajian geologi harus diutamakan untuk menentukan wilayah mana yang aman untuk permukiman dan mana yang tidak.

Setelah itu, warga harus sadar dan mematuhi kajian tersebut, agar pada kemudian hari tidak dilanda bencana lagi,'' kata Wakil Ketua DPRD Banjarnegara, Bambang PS, kemarin. Penentuan daerah calon relokasi warga yang rumahnya hancur karena bencana kali ini, harus berlandaskan kajian geologi. ''Pada masa berikutnya kami minta Pemkab melalui BPBD Banjarnegara memberikan pelatihan dan pengetahuan tanggap bencana.

Diharapkan warga di desa-desa rawan bencana akan mempunyai bekal ilmu kebencanaan,'' katanya. Diharapkan mereka setelah mendapat pelatihan akan lebih memahami alam sekitar, bijak dalam mengelola, sehingga dapat mencegah kejadian bencana. Karena itu, porsi pembangunan sumber daya manusia juga penting dalam menyiapkan desa tangguh bencana.(M Syarif SW-46)

Berita Lainnya


SMCETAK TERKINI