image

SM/ Bayu Setiawan - AJUKAN PEMBUATAN E-KTP : Sejumlah warga mengajukan pemohonan pembuatan EKTPdi Disdukcapil Kabupaten Brebes, kemarin. (73)

13 Januari 2018 | Suara Pantura

Brebes Masih Butuh 361 Ribu Blangko E-KTP

  • Disdukcapil Akan Sambangi Sekolah

BREBES- Pemkab Brebes hingga saat ini masih membutuhkan sebanyak 361.000 blangko E-KTP. Meski saat ini sudah banyak warga di Kota Bawang yang telah melakukan perekaman EKPT, namun banyak juga yang belum mendapat E-KTP karena keterbatasan blangko.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Brebes, Asmuni mengatakan, saat ini sudah ada 180.393 warga yang telah melakukan perekaman EKTP di masing-masing kecamatan. Namun mereka yang telah melakukan perekaman itu belum mendapatkan E-KTPkarena ketersediaan blangko yang terbatas. ''Jika melihat data warga yang sudah melakukan perekaman dan adanya tambahan warga yang baru berusia 17 tahun, kami perkirakan kebutuhan blangko E-KTPmencapai 361.000,'' ungkapnya.

Asmuni berharap, kebutuhan blangko E-KTPdapat terpenuhi paling tidak hingga 2019 mendatang. Sehingga, pada tahun depan itu seluruh warga di Brebes sudah memiliki E-KTP. Apalagi, saat ini penyaluran material blangko E-KTP yang dilakukan pemerintah pusat, secara bertahap sudah mulai normal. ''Ya harapan kami pada 2019, semua warga sudah memiliki E-KTP,'' tandasnya.

Sambangi Sekolah

Saat ini, pihaknya juga sedang melakukan terobosan dalam memberikan pelayanan perekaman E-KTP bagi pelajar yang telah berusia 17 tahun. Petugas Disdukcapil akan menyambangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman E-KTPbagi para siswa tersebut. Asmuni menegaskan sudah berkoordinasi dengan beberapa sekolah, khususnya SMA/SMK, dan MA.

Langkah itu ditempuh karena diperkirakan setiap tahun ada pemohon pembuatan E-KTP baru, dan paling banyak berasal dari kalangan pelajar. ''Pemohon E-KTPbaru, kami perkirakan jumlahnya mencapai 40.000, dan sebagian besar pelajar. Karena itu, kami akan mendatangi sekolah untuk perekaman agar lebih mudah,'' pungkasnya.(H38-73)

Berita Lainnya


SMCETAK TERKINI