13 Januari 2018 | Suara Pantura

Nama Stadion Karangbirahi Diganti

  • Gunakan Nama Pahlawan

BREBES- Nama Stadion Karangbirahi, Brebes diwacanakan oleh Bupati Brebes Idza Priyanti untuk diganti dengan nama pahlawan atau tokoh lokal Brebes. Sebab, nama Karangbirahi punya konotasi negatif dan tidak santun dalam bahasa keseharian masyarakat. Terkait itu, akan dibuka sayembara pemilihan nama baru dengan melibatkan masyarakat.

”Saya menginginkan nama stadion diganti dengan nama pahlawan atau tokoh Brebes yang mencerminkan kesantunan dan kesemangatan berolahraga,” tutur Bupati Idza Priyanti saat meninjau renovasi Stadion Karangbirahi, kemarin. Menurutnya, untuk menghindari pro kontra tentang wacana penggantian nama stadion tersebut, perlu dimusyawarahkan bersama antartokoh masyarakat, tokoh olahraga, dan pemerintah kabupaten (Pemkab).

Namun dengan kesepakatan dan keyakinan bersama demi memajukan olahraga. Berbagai pihak memang banyak yang menghendaki penggantian nama stadion itu bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Ke-340 Kabupaten Brebes. Jika disepakati penggantian nama, menggunakan momentum peringatan hari kelahiran kabupaten paling barat Jateng ini, pada 18 Januari.

Untuk diketahui, Stadion Karangbirahi tergolong sederhana, tetapi berjasa menorehkan prestasi nasional, khususnya dalam sepak bola dengan penampilan kesebelasan Persab Brebes yang memenangkan Piala Soeratin 2017 di Solo, beberapa waktu lalu. Termasuk, cabang-cabang olahraga lainnya seperti atletik juga mengandalkan stadion ini. Kegiatan Popda, O2SN, dan lainnya juga menggunakan stadion tersebut sebagai pusat latihan.

Didampingi suami Kompol Warsidin, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Brebes Sutaryono, Staf Ahli Bupati Bidang SDM dan Kesra Lely Mulyani, Bupati melepas sepatu untuk mencoba rumput lapangan stadion. Dia mengaku puas dengan perkembangan pembangunan tahap satu tersebut stadion tersebut.

Dia menegaskan, perhatian Pemkab terhadap sarana olahraga adalah untuk warga Brebes. Pembangunan tahap pertama menelan dana Rp 10 miliar dari anggaran APBD kabupaten. ”Rencananya akan ada dukungan dana dari provinsi, kalaupun belum terkover nanti kami tambahkan pada anggaran perubahan untuk pembangunan selanjutnya,” tuturnya.

Kepala Bidang Pembinaan Pemuda Olahraga Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes Nizamudin Faridz mengatakan, renovasi pembangunan stadion dimulai sejak Juli hingga 24 Desember 2017. Tahap pertama yang dibangun antara lain, tribun timur, lintasan atletik, drainase, pagar keliling, peninggian lapangan sepak bola, dan rumput. ”Lapangan ini sudah sesuai standar FIFA,” tandasnya.(wh-73)

Berita Lainnya


SMCETAK TERKINI