13 Januari 2018 | Edukasia

Dorong Mahasiswa Berwirausaha, Unnes Buka Gedung Kewirausahaan

SEMARANG- Mahasiswa terus didorong untuk menjadi wirausaha mengingat jumlah pengusaha di Indonesia masih relatif kecil. Untuk mendorong bertambahnya jumlah pengusaha, Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka Gedung Kewirausahaan di Kampus Unnes Sekaran, Gunungpati, Jumat (12/1).

Gedung Kewirausahaan diperuntukkan bagi mahasiswa untuk melatih jiwa kewirausahaan dan masyarakat sekitar.

Dalam gedung ini terdapat berbagai tenant (penyewa) usaha seperti It’s Milk, D’Kwu Food Court & Bistro, toko buku dan alat tulis kantor, Animato Music Course, Fik to Fit berisi sport center dan masih banyak lagi.

Semua tenant itu sebagian besar milik mahasiswa dan alumni Unnes. Gedung berlantai empat itu dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor IV Prof Dr YLSukestiyarno PhD.

Ketua Badan Pengembang Bisnis Unnes Prof Dr Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti menuturkan, pembukaan Gedung Kewirausahaan itu diharapkan bisa menjadi mercusuar Unnes untuk pembelajaran kewirausahaan dan mendukung internasionalisasi Unnes.

“Badan Pengembang Bisnis Unnes mencoba mengoptimalkan aset Unnes untuk mendapatkan income. Selain itu, juga mengajak mahasiswa untuk belajar kewirausahaan,” tuturnya.

Tiga Kerja Sama

Ada tiga macam kerja sama bagi penyewa. Pertama, kerja sama operasional, mereka menyewa dan bagi hasil. Kedua, kerja sama internal kampus Unnes yang dimiliki atau dikelola oleh mahasiwa dan dosen. Ketiga, kerja sama menyewa. “Berbagai kegiatan akan diselenggarakan di gedung ini.

Salah satunya dengan kegiatan seminar kewirausahaan yang rencananya rutin diadakan untuk mahasiswa. Tentunya dengan menghadirkan alumni yang sudah sukses menjadi pengusaha seperti Muhammad Faizal Hidayat, pemilik It’s Milk,” ujarnya.

Sementara itu, Faizal yang merupakan alumni Unnes Jurusan Fakultas Teknik, mengaku mulai membuka usaha susu sapi dalam bentuk kafe sejak 2013. Kini, jumlah gerainya sudah 20 buah, tersebar di seluruh Indonesia.

“Melalui Gedung Kewirausahaan ini saya bisa memberikan sumbangsih bagi adik-adik mahasiswa mengenai kewirausahaan. Mereka bisa belajar bersama menjadi pengusaha sukses di gedung ini,” terangnya.(K14-49)

SMCETAK TERKINI