13 Januari 2018 | Semarang Metro

Pemkab Bertekad Wujudkan Sekolah Ramah Anak

KENDAL- Pemkab Kendal bertekad mewujudkan sekolah ramah anak, sebagai bagian dari upaya mewujudkan Kendal kabupaten layak anak. Selain sekolah ramah anak, juga akan diwujudkan rumah sakit dan puskesmas ramah anak.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( DP2KBP2PA) Asrifah, mengatakan tahun 2017, Pemkab Kendal meraih predikat pratama, untuk kategori Kabupaten Layak Anak.

Penilaian KLA dilakukan dua tahun sekali. Penilaian berikutnya akan dilaksanakan pada 2019. Selama dua tahun ke depan, pihaknya akan berusaha mewujudkan sekolah, rumah sakit, dan puskesmas ramah anak. ”Persyaratan untuk mewujudkannya banyak.

Waktu dua tahun ini akan kami manfaatkan untuk mencari sekolah, rumah sakit, maupun puskemas yang mampu mewujudkannya,” kata dia, Jumat (12/1).

Beri Perlindungan

Dia mengatakan pemerintah perlu memberikan perlindungan pada anak, di tempattempat anak banyak berinteraksi dengan orang dewasa. Tempat-tempat itu adalah sekolah, rumah sakit, dan puskesmas. Pemkab harus fokus pada penguatan SDM dan peningkatan prasarana dan sarana di sektor pendidikan dan kesehatan yang ramah anak.

Sekolah ramah anak merupakan sekolah yang mengutamakan hak-hak anak sebagai pelajar. Asrifah menerangkan, sekolah ramah anak yaitu, sekolah tidak diperbolehkan memberhentikan atau mengeluarkan anak dari sekolah sebagai sanksi jika melakukan kesalahan.

”Sementara puskesmas ramah anak adalah puskesmas yang tidak membuat anak-anak takut untuk memeriksakan kesehatan. Caranya antara lain menyediakan fasilitas bermain atau ruang pemeriksaan khusus anak, hingga pelayanan yang ramah,” tuturnya.(H36-51)

SMCETAK TERKINI