image

SM/dok

21 Januari 2018 | Ikapesta

Musik dalam Pesta Membuat Acara Lebih Bernyawa

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Salah satu cara mengusir kebosanan para tamu undangan dalam melewati rangkaian acara pesta yang tak habis-habis adalah dengan menampilkan pertunjukan penghibur. Musik menjadi pilihan yang tepat.

Tanpa musik, acara akan terkesan kaku dan tak menarik. Karena pentingnya sebuah hiburan, terutama musik dalam pergelaran pesta, memantik tiga pemusik kondang Semarang untuk membagikan cerita seru terkait dengan musik.

Alberto Prabowo, pemilik Maxi Entertainment yang berada di Jalan Gedung Batu Timur 209 Semarang ini mengatakan, musik adalah jantung acara. “Musik itu telah menjadi bagian penting dari suatu pesta atau dengan kata lain musik adalah jantung sebuah acara.

Hal ini karena hampir seluruh acara dari awal hingga akhir pasti membutuhkan iringan musik agar acara tersebut lebih bernyawa,” tutur Alberto yang melayani semua kebutuhan entertainment seperti band, akustik, chamber, solo organ, MC, dan penyanyi ini.

Vendor yang telah berpengalaman bertahun-tahun dan profesional dalam penguasaan berbagai jenis musik dan pemilihan lagu serta kostum penunjang ini membeberkan tips memilih vendor musik.

“Klien harus bisa menentukan kebutuhan musik yang diperlukan, baik itu big band, orkestra, akustik, chamber maupun solo organ. Agar lebih yakin klien juga dapat meminta pendapat kedua dari EO tentang pengalaman vendor, karena hal inilah yang menjadi penentu penting bagi klien untuk memilih.

Klien juga sebaiknya meminta referensi dari teman atau vendor lain. Mereka semua tentu akan membantu yang terbaik sesuai dengan kebutuhan musik dalam acara klien,” saran Alberto.

Selanjutnya, ada Aditya Heru Putra yang mewakili Specta Production. Aditya menuturkan, musik dapat membangun atmosfer dalam sebuah acara. “Musik itu berfungsi untuk membangun atmosfer dalam suatu pesta.

Musik juga membantu menguatkan tema sebuah pesta. Selain lidah dan mata, para tamu juga harus dimanjakan melalui telinga. Di samping makanan, riasan, dan dekorasi, telinga tamu undangan perlu juga dihibur dengan alunan musik,” kata Aditya.

Specta Production yang merupakan one stop entertaiment system di dalamnya dan menawarkan jasa musik mulai dai band, akustik, mini chamber, dan solo kibor ini turut membagikan kiat-kiat memilih vendor musik yang tepat.

Bagi Aditya, jam terbang setiap vendor adalah paling wajib diperhatikan oleh klien. “Pilihlah vendor musik yang sudah memiliki jam terbang tinggi. Lebih baik apabila vendor tersebut terbiasa bekerja dalam berbagai event, terutama acara pernikahan.

Setelah cocok dengan satu vendor, hal yang perlu dilakukan klien adalah menyesuaikan jenis musik dengan tema, tempat serta konsep musik yang akan disajikan ke tamu undangan. Terakhir klien perlu menilai apakah penampilan yang disajikan sesuai dengan bujet yang dibayarakan atau tidak,” jelas Aditya yang juga menyediakan sound dan singer ini.

Perhatikan Harmoni Steve Handoyo Music Production yang diwakili oleh Steve Handoyo yang beralamat di Jalan Ngesrep Barat 3 No 53 Semarang mengatakan, musik memberikan nuansa tersendiri di dalam sebuah pesta. “Musik sangat penting dalam sebuah acara.

Khususnya dalam pesta pernikahan, musik pengiring sangat diperlukan karena dapat memberi nuansa khusus pesta pernikahan. Karena pentingnya musik itulah, kami sangat memperhatikan harmoni musik,” ujar pemusik yang telah menampilkan ratusan album dangdut, pop, country, orchestra, operette musik, dan musik film ini.

Steve Handoyo yang juga seorang arranger ini turut menyarankan kepada klien cara untuk menentukan vendor musik yang tepat. Bagi Steve, pengalaman vendor patut menjadi penilaian penting. “Pilihlah vendor musik yang pengalaman di bidangnya.

Bila memilih musik orchestra makan harus pilih vendor yang menguasi musik orchestra, baik pemain maupun penulis partiturnya, sehingga suasana bisa terbentuk dengan baik. Jika solo kibor maka harus pilih vendor yang berpengalaman dan siap mengiringi lagu-lagu yang diminta mendadak saat acara,” tutup Steve yang telah memiliki studio recording sendiri ini.(58)

Berita Lainnya