image
04 Februari 2018 | Kabar Gadget

Asyiknya Berswafoto dengan Oppo F5

PASARswafoto smartphone di Indonesia kembali diramaikan dengan seri terbaru Oppo, F5. Smartphone tersebut resmi menyambangi Indonesia. Sebelum masuk ke ulasan lengkap, sekadar informasi bahwa Oppo F5 merupakan smartphone teranyar Oppo yang pertama kali hadir dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) pada kamera depannya.

Kemampuan cerdas tersebut membuat Oppo F5 diklaim sebagai salah satu pencapaian perusahaan dalam mengubah fotografi smartphone ke tingkat yang lebih tinggi. Fitur unggulan bernama “AI Beauty Recognition Technology” ini bahkan bisa membedakan warna kulit pria dan wanita pada foto.

Selain itu, teknologi canggih tersebut juga dapat mengenali detail lain pada objek swafoto seperti jenis kelamin dan usia. Nantinya, hasil analisis perangkat lunak ini dihubungkan dengan database foto secara global. Kecerdasan buatan ini juga bisa mengaplikasikan hasil yang berbeda antara pria dan wanita walaupun berada dalam satu frame.

Tak cuma kamera selfie yang lebih mumpuni dan canggih, Oppo F5 juga hadir dengan penyegaran desain yang lebih minimalis. Salah satu yang kentara adalah desain layar nyaris tanpa bezel (bezeless) di sisi pinggir dan kanan layar. Selain dua perubahan besar tersebut, apa lagi kehebatan yang dimiliki Oppo F5? Simak ulasan lengkapnya berikut.

F5 hadir dengan desain elegan berkonsep unibody nan ramping dengan bodi melengkung. Saat memegangnya pertama kali, bodi smartphone terasa nyaman, pas digenggam, dan tidak terlalu besar. Material yang melapisi bertekstur metal matte. Namun, pada kenyataannya, material tersebut adalah polycarbonate.

Namun, dengan harga yang dibanderol untuk sekelas F5, kami rasa material ini masuk akal untuk digunakan pada smartphone. Di bagian belakang, ada garis panel antena bertengger di bagian atas dan bawah cover. Kamera utama terletak di sisi pinggir atas cover belakang, menyusul sensor fingerprint yang muncul di bagian tengah dengan logo Oppo.

Posisi tombol power dan tray dual-SIM terletak di pinggir kanan, sedangkan tombol volume ada di pinggir kiri. Bagian atas cuma diisi pinhole mikrofon, dan di bagian bawah bertengger soket jack headphone 3.5mm, micro-USB port, mikrofon, dan speaker. Bagian depan dipenuhi layar bezeless yang sisi kiri dan kanannya nyaris penuh.

Layar berukuran 6 inci dengan resolusi full HD dan aspek rasio 18:9. Rasio layarnya sendiri hampir penuh sebanyak 84,2 persen sehingga mampu memberikan pengalaman visual yang realistis tanpa harus menambah dimensi perangkat. Menariknya lagi, smartphone hadir dengan fitur split screen yang bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus.

Menggunakan split screen sambil menonton YouTube dan browsing bukan lagi jadi masalah, mengingat layar smartphone cukup besar, berukuran 6 inci. Kemudian di bagian atas, ada kamera swafoto di sebelah kiri. Berbeda dengan smartphoneOppo sebelumnya yang mengusung tombol Home fisik (dan juga berfungsi sebagai sensor fingerprint), F5 justru absen tanpa tombol Home fisik.

Sebagai gantinya, ada tombol navigasi digital ala Android Stock yang muncul di bagian bawah layar. Pengalaman mengakses smartphone pun lebih lancar karena tidak adanya tombol homefisik yang sebelumnya “menganggu” di bagian depan.

Bicara soal performa, Oppo F5 adalah salah satu smartphone dengan performa terbaik pada segmen kelas pasar menengah. Dengan harga kompetitif, Oppo F5 ternyata mampu menawarkan performa yang kencang saat melakukan aktivitas multitasking. Sekadar informasi, dapur pacu Oppo F5 ditopang dengan prosesor MediaTek MT6763MTdengan RAM 4GB dan memori internal 32GB. Adapun sistem operasinya sudah berjalan di Android Nougat dan antarmuka ColorOS 3.2. F5 menunjukkan performa prima dan fluid.

Padahal, aktivitas smartphonedilakukan secara multitasking, bermain gim mobile (Arena of Valor) dan beberapa aplikasi lainnya, seperti browser, media sosial, chatting, serta edit foto. Transisi antar-aplikasi tetap lancar meski ada kendala lag yang tidak terlalu mengganggu. Salah satu faktor utama yang mampu membuat penampilan F5 menjadi lebih lancar dan kencang adalah kestabilan dari tampilan antarmuka ColorOS 3.2.

Bahkan, sistem operasi smartphone berjalan lebih mulus dengan kecepatan transfer dokumen 100 kali lebih cepat dari bluetooth. Selain itu, prosesor yang disematkan pada smartphone ini mampu menghadirkan fitur penghematan energi yang lebih efisien dan dapat meningkatkan kinerja performa 40 persen lebih baik dibanding sistem operasi dan antarmuka versi sebelumnya.

Ada beberapa fitur kelebihan Oppo F5 lainnya yang kami rasa sangat membantu pengalaman menggunakan smartphone dalam kegiatan sehari-hari. Seperti fitur Facial Unlock yang menerapkan teknologi pengenal wajah. Fitur ini sebetulnya sudah hadir pada iPhone X yang dibanderol di kisaran Rp 20 jutaan, sementara Oppo F5 hanya dibanderol Rp 4 jutaan.

Apalagi, dengan fitur tersebut, smartphone bisa membaca wajah pengguna dan membuka layar hanya dalam waktu 0,4 detik. Selain itu, fitur “Do Not Disturb” juga menjadi salah satu unggulan karena sangat membantu pengguna yang gemar bermain gim mobile agar tidak diganggu panggilan masuk. Fitur ini bisa diaktifkan saat bermain gim mobileatau menonton video streaming. Dengan demikian, panggilan masuk hanya akan disiagakan menjadi notifikasi. Jangan khawatir, gim yang dimainkan akan tetap berjalan tanpa ada gangguan sama sekali.

Beranjak ke kapasitas daya, Oppo F5 ditopang dengan baterai 3.200mAh yang kami nilai sangat mengakomodasi kebutuhan sehari-hari. Dalam pemakaian normal secara multitasking (bermain gim mobile, browsing, chatting, berkirim email), bisa bertahan hingga 12 jam terus-menerus. Selain itu, smartphone juga hadir dengan teknologi pengisian daya cepat.

Bukan Oppo namanya jika tidak berkutat pada kamera swafoto. Ya, Oppo F5 hadir dengan peningkatan kualitas kamera swafoto yang lebih baik. Seperti yang sudah dijelaskan, kamera selfie Oppo F5 beresolusi 20MPdilengkapi dengan teknologi AI Beauty Recognition berbasis kecerdasan buatan mampu “menyulap” foto selfie lebih alami dan nyata sesuai dengan kondisi wajah pengguna. Lebih lanjut, kamera swafoto-nya bisa memindai lebih dari 200 titik pengenal wajah.

Dengan demikian, ia bisa mengenali setiap subjek dalam gambar ke sebuah database pemotretan wajah global untuk mempelajari setiap keunikan dari wajah, bentuk, struktur, dan menyesuaikan dengan peningkatan kecantikan yang halus tetapi tetap tampak alami. Hasil dari kamera selfie Oppo F5 sesuai dengan jargon “Capture the Real You” yang dijanjikan Oppo. Objek swafoto tampak sangat alami. Pencahayaan di sekeliling objek juga riil sebagaimana saat kami memotret objek. Selain itu, kamera juga dapat memberikan efek bokeh dan HDR pada foto selfie.

Kamera Utama

Adapun kamera utama Oppo F5 juga tetap menjadi unggulan, dengan mengusung resolusi 16MP(2.160 x 1.080 piksel) dan dilengkapi fitur ES anti-shake DSPyang memungkinkan kamera mengambil gambar secara multiframe tanpa goyang. Kamera ini juga hadir dengan fitur denoising yang bisa mengurangi efek grainy dan noise pada foto akibat kondisi pencahayaan minim.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Oppo F5 adalah swafoto smartphone yang menyenangkan. Untuk kisaran Rp 4 jutaan, performa smartphone ini mampu melampaui ekspektasi penggunanya, terlebih pada kamera selfie. Jika dibandingkan dengan kompetitor lain, mungkin belum ada swafoto smartphone dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan seperti yang sudah diusung F5.(63)

Berita Lainnya