image
04 Februari 2018 | Rileks

”Film Favorit” Langkah Awal di Jalur Indie

  • Oleh Dhaneswari Tiara

Setelah terakhir kali merilis album Musim yang Baik pada 2014, Sheila on 7 kembali meramaikan belantika musik tanah air dengan single baru bertajuk ”Film Favorit” pada awal 2018. Single ciptaan Eross Chandra ini juga sebagai penanda debut Sheila on 7 sebagai band indie.

Selama lebih dari dua dekade band yang digawangi oleh Duta (Vokal), Eross (Gitar), Adam (Bass), dan Brian (Drum) ini telah bernaung di bawah label raksasa. Kini mereka mantap berkarya di bawah payung mereka sendiri dengan label 507 Records.

Masih mengusung tema cinta, ”Film Favorit” menceritakan tentang perjuangan seseorang memenangkan hati orang yang disukai. Menurut pengakuan Eross, Ia terinspirasi dari kisah sahabatnya yang tak kunjung memiliki pasangan hidup. Sementara, terpilihnya judul ”Film Favorit” lantaran untuk merepresentasikan aksi heroik dan dramatis yang menurut sang gitaris hanya terjadi di film.

Wah, kreatif sekali ya! Ada yang berbeda, lo, dari lagu yang resmi liris di platform digital seperti Spotify, I-tunes, Google play music, Amazon music, dan Deezer 29 Januari lalu ini. Selain karena single ini merupakan lagu pertama Band asal Jogja di jalur independen, ”Film Favorit” juga terasa spesial dibanding lagu-lagu Sheila on 7 sebelumnya. Suara gitar elektrik Eross yang menjadi ciri khas di banyak lagu Sheila on 7 kini tak lagi dominan.

Lagu yang berdurasi kurang dari empat menit ini lebih banyak menampilkan suara gitar akustik, drum dan piano. Tabuhan drum di intro dan dentingan piano yang menyusul membuat ”Film Favorit” terdengar bak lagu orches yang megah dan menakjubkan. Terlebih dihiasi alunan biola di tengah lagu. Sheila on 7 seolah membuka era indie mereka dengan persembahan yang spektakuler.

Musik Video

Tak hanya itu, untuk kali pertama Band yang berusia 21 tahun ini melibatkan music director dalam penggarapan lagu. Tomo Widayat dan Tama Wicitra dari Tom & Tam Music Production adalah orang yang dipercaya mengawal lagu yang digodog sejak pertengahan 2017.

Meskipun terkesan mewah, tetap saja Sheila on 7 berusaha membawakan musik yang sesuai dengan karakter mereka sejak semula, easy listening dengan lirik yang sederhana. Saat ini Sheila on 7 tengah disibukkan dengan konser off air-on air, promo single baru dan penggarapan musik video.

Rencananya setiap single baru dari Sheila on 7 akan dibuatkan musik video sehingga sheila gank, sebutan fans Sheila on 7 dapat menikmati setiap lagu tak hanya dari segi audio namun juga visualnya. ”Selama ini kan lagu-lagu Sheila on 7 hanya sedikit video klipnya. Di Album Musim yang Baik saja hanya ada satu video klip untuk single ”Lapang Dada”,” Ujar Duta dalam sebuah video bertajuk Behind The Scene of ”Film Favorit” di kanal youtube resmi bernama Sheila on 7 TV.

Sayangnya, di tengah gempita perilisan single ”Film Favorit”, Band yang bermarkas di Yogyakarta ini menegaskan tak akan meluncurkan album pada 2018. Sang vokalis, Duta, menuturkan bandnya butuh persiapan yang sangat matang untuk menelurkan album baru di jalur indie. Karena itu lah, album ke sepuluh ini tak akan launching di tahun 2018. ”Saya nggak yakin album Sheila on 7 bisa keluar di 2018. Paling cepat awal 2019,” ujar Duta dalam sebuah wawancara belum lama ini.

Bicara tentang band indie, banyak juga lo musisi tanah air yang sukses meski tak berada di bawah label mayor. Para musisi indie biasanya memiliki idealisme yang tertuang dalam setiap karya yang diciptakan. Mereka dapat berkreasi sesuai keinginan tanpa perlu khawatir akan batas dan peraturan dari label rekaman besar. Sebut saja Mocca, Superman is Dead, Efek Rumah Kaca, Fourtwnty bahkan Kunto Aji, Tulus hingga Raisa.

Nama-nama tadi dapat dengan bebas menyuarakan ide dan menghibur penggemar tanpa dikte dari label. Semoga Sheila on 7 dapat menunjukkan sisi baru usai memutuskan berkiprah di jalur indie ya! Kita doakan.(63)

Berita Lainnya