14 Februari 2018 | Internasional

LINTAS JAGAT

Drone Iran Teknologi AS

TELAVIV- Militer Israel menyatakan pesawat nirawak atau drone Iran yang ditembak pada akhir pekan lalu dibuat berdasarkan pesawat serupa milik AS yang direbut enam tahun lalu. Juru bicara angkatan bersenjata Israel, Letnan Kolonel Conricus, mengatakan bahwa pesawat nirawak itu dikerahkan untuk menjalani misi spesifik di wilayah Israel. Sebagaimana dilaporkan pada Selasa (13/2), Militer Israel melacak drone itu saat diluncurkan dari Suriah dan memasuki wilayah udara Israel pada Sabtu (10/2) pukul 04.50 waktu setempat.

Drone itu ditembak menggunakan helikopter serbu Apache dan jatuh di Beit She’an, Israel. ”Klaim terkait drone yang jatuh itu terlalu konyol untuk dikomentari,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qassemi. ”Pemerintah dan angkatan bersenjata Suriah sebagai negara independen mempunyai hak yang sah untuk mempertahankan integritas dan menangkal agresi asing apapun,” jelasnya.

Menurut Israel, drone itu dibuat berdasarkan Lockheed Martin RQ-170 ”Sentinel” yang ditangkap Iran pada 2011 saat menjalani misi pengintaian.(cnn-25)

Tiongkok Tunda Reaktor Nuklir

BEIJING- Tiongkok kembali menunda pengoperasian reaktor nuklir AP1000 yang berlokasi di Sanmen, Zhejiang, karena alasan keamanan. Keputusan itu dilaporkan oleh China Daily pada Selasa (13/2), mengutip pernyataan seorang pejabat Korporasi Nuklir Nasional Tiongkok (CNNC) yang enggan diungkap identitasnya.

Menurut sumber tersebut, proses pengisian bahan bakar untuk reaktor nuklir Westinghouse pertama di dunia itu seharusnya sudah dimulai sejak tahun lalu, yang kemudian dilanjutkan dengan uji coba selama enam bulan sebelum penuh beroperasi pada 2018. Namun kini, proses pengisian bahan bakar itu ditunda karena Tiongkok masih mencoba memastikan proyek tersebut benar-benar memenuhi standar keselamatan paling tinggi. Westinghouse sendiri belum dapat dihubungi. Perusahaan Jepang tersebut menyepakati pembangunan empat unit reaktor nuklir AP1000 di dua situs di Tiongkok pada 2007 lalu. Namun, Westinghouse mulai kehabisan dana pada Maret tahun lalu karena membiayai empat reaktor nuklir di Amerika Serikat.(cnn-25)

Pemburu Tewas Dimangsa Singa

JOHANNESBURG- Seorang pria yang diduga pemburu liar dimangsa sekelompok singa di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Singa-singa itu memangsa hampir seluruh tubuh pemburu itu dan hanya menyisakan sedikit anggota badan yang ditemukan dekat kawasan khusus satwa liar yang dilindungi. ”Sepertinya korban sedang memburu di area terlarang saat diserang dan dibunuh singa,” ungkap juru bicara Kepolisian Limpopo, Moatshe Ngoepe.

Hingga saat ini kepolisian belum mempublikasikan identitas korban. Menurut informasi yang diunggah situs berbasis di Afrika Selatan, Eyewitness News, tak jauh dari sisa-sisa tubuh korban ditemukan senjata laras panjang dan sejumlah amunisi.

Pemburuan singa di Provinsi Limpopo terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Tubuh singa kerap digunakan dalam pengobatan tradisional di Afrika maupun di beberapa kawasan lainnya. Born Free Foundation, menyebutkan permintaan tulang dan bagian tubuh singa lainnya terus melonjak di Asia Tenggara.(bbc-25)

Berita Lainnya