14 Februari 2018 | Fokus Jateng

Apipudin Akhirnya Jalani Perawatan di RS Kariadi

  • Penderita Keratosis Maligna Kulit

BREBES- Apipudin (27), penderita penyakit Keratosis Maligna atau kelainan pada kulit wajah akhirnya menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Kariadi Semarang. Warga Dukuh Kemakmura Desa Jatimakmur, Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes itu berangkat ke Semarang, Selasa (13/2) siang.

Ia dirawat dengan difasilitasi tim medis Puskesmas Jatirokeh, Kecamatan Songgom, RSUD Brebes dan Pemkab Brebes. ”Tadi siang sudah berangkat ke Semarang bersama pihak keluarga, dan didampingi tim medis Puskesmas Jatirokeh serta perwakilan desa,” ujar Kepala Puskesmas Jatirokeh, Amma Mustofiyah, kemarin.

Dia mengungkapkan, sebelumnya Apipudin juga sudah ke RS Kariadi Semarang pada Kamis (8/2). Ia di rumah sakit itu diperiksa dokter spesialis.

Namun pihak rumah sakit meminta Apipudin menunggu ada ruang bangsal yang kosong, sehingga kembali lagi ke Brebes. ”Setelah kami mendapat info ada ruangan kosong, hari ini berangkat lagi ke Semarang,” jelasnya.

Menurut dia, selama proses perawatan di Semarang, Apipudin mendapat bantuan akomodasi dari Pemkab Brebes serta sumbangan sukarela dari para karyawan Puskesmas Jatirokeh. Sebelumnya, Apipudin juga mendapat bantuan dari PMI cabang Brebes. ”Kami juga fasilitasi untuk biaya akomodasi selama menjalani perawatan di Semarang.

Mudah-mudahan, harapan Apipudin untuk sembuh terwujud,” katanya. Dia mengatakan, setelah berada di RS Kariadi, Apipudin akan terlebih dahulu menjalani observasi selama beberapa hari. Setelah itu, baru dilakukan operasi.

Dalam operasi nantinya akan melibatkan lintas dokter spesialis. Di antaranya melibatkan dokter spesialis syaraf, bedah, kulit dan beberapa spesialis lainnya. ”Nanti sebelum operasi, akan dilakukan observasi terlebih dahulu kepada pasien,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nasib memprihatinkan menimpa Apipudin (23), warga Dukuh Kemakmuran Desa Jatimakmur Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes. Pemuda itu sudah 15 tahun bergelut dengan penyakit aneh yang dideritanya.

Bagian wajah membesar, sedangkan mata, hidung dan mulut tertutup kulit mukanya. Setelah menjalani pemeriksaan di RSUD Brebes diketahui, Apipudin didiagnosa mengalami penyakit Keratosis Maligna kulit atau kelainan pada kulit, khususnya wajah.

Atas diagnosa itu, Apipudin akan segera dirujuk ke RS Karyadi Semarang dengan difasilitasi RSUD Brebes. Mengingat, di rumah sakit milik Pemkab Brebes itu belum memiliki peralatan untuk penanganan penyakit yang diderita pasien.(H38-40)

Berita Lainnya