15 Februari 2018 | Suara Banyumas

Panwascam Safari ke Sekolah

BANYUMAS- Untuk mencegah pelanggaran tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) khususnya masa kampanye, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Ajibarang menggelar safari ke 12 sekolah di wilayah Ajibarang, Senin (13/2).

Ketua Panwascam Ajibarang sekaligus Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga, Amin Nurrokhman mengatakan pencegahan pelanggaran yang dimaksud antara lain soal netralitas pendidik, khususnya kalangan aparat sipil negara, dalam Pilkada. Selain itu ditegaskan terkait larangan pemasangan alat peraga kampanye di lingkungan sekolah.

"Kami juga mencegah adanya intimidasi hingga imin-iming bagi para pemilih pemula khususnya para pelajar sekolah. Kami juga mendorong agar pelajar turut aktif berpartisipasi dalam pemungutan suara dalam Pilkada nanti," jelasnya. Kepada para pelajar, komisioner Panwascam juga mendorong para pelajar yang mengetahui ada indikasi pelanggaran Pemilu bisa melaporkan kejadian tersebut kepada pihak pengawas pemilu. Penyelenggaraan Pilkada yang adil, bebas dan bersih ini merupakan tanggungjawab bersama.

"Makanya soal pengawasanpun bersifat partisipatif. Kami berharap sebagai pemilih pemula, pelajar juga bisa turut aktif berdemokrasi. Apalagi para pemilih pemula ini juga sangat potensial sebagai subyek sekaligus rawan sebagai obyek dalam proses demokrasi. Makanya pengarahan kepada mereka sangat dibutuhkan," katanya. Divisi Penindakan Pelanggaran Panwascam Ajibarang, Nanang Anna Noor juga mendorong kepada para guru untuk turut serta menjadi bagian yang mendorong Pilkada yang demokratis.

Institusi pendidikan diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan politik yang efektif bagi para pemilih pemula. "Kami berharap keberadaan para pendidik ini bisa menjadi contoh bagi para siswanya. Kami juga berharap baik negeri maupun swasta, sekolah tetap menjadi lembaga pendidikan yang bersih dari sangkut paut praktik politik praktis," ujarnya.

Kepala SMK Maarif NU 1 Ajibarang, Zaenudin yang turut menerima kunjungan dari rombongan Panwascam Ajibarang mengapresiasi langkah sosialisasi tahapan pemilu sekaligus antisipasi pelanggaran Pilkada kepada para pelajar. Ia berharap kegiatan ini bisa memberikan bekal bagi para guru dan pelajar untuk bisa menjadi pelaku demokrasi yang bersih dan bermartabat.(K37-19)

Berita Lainnya