image

SM/Wawan Hudiyanto - POSKO PENGUNGSIAN : Sejumlah warga yang rumahnya masih terendam banjir masih di posko pengungsian Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, kemarin.(15)

15 Februari 2018 | Suara Pantura

Pengungsi Tempati Sekolah, Masjid dan Kantor Kelurahan

TEGAL- Ratusan warga yang terdampak banjir di Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal masih mengungsi di posko pengungsian, Rabu (14/2). Sebagian dari mereka menempati ruang kelas di SMK Muhammadiyah II dan masjid yang digunakan posko pengungsian.

Ada juga yang mengungsi di Posko pengungsian Kelurahan Kaligangsa, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Menurut Kepala SMK Muhammadiyah II, Kisbiyanto, kemarin, pihaknya membuka posko pengungsian karena kondisi genangan terparah di wilayah Kaligangsa.

Selain itu, juga menggandeng sejumlah ormas dan lembaga untuk menampung bantuan logistik yang diperuntukkan bagi pengungsi dan dapur umum. ”SMK Muhammadiyah II juga menjadi posko Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) di wilayah Kaligangsa. Bantuan yang kami tampung bersumber antara lain dari LSM, PKK, Pemkot Tegal, Lazismu hingga donatur,” katanya.

Distribusi Logistik

Dia mengemukakan, dalam pendistribusian logistik dilakukan di enam titik wilayah banjir. Yakni, Kaligangsa, Krandon, Margadana, Sumurpanggang, Kalinyamat Kulon dan Pesurungan Kidul.

Bentuknya, berupa nasi ponggol, pampers balita dan dewasa, air mineral, pakaian pantas pakai, hingga selimut bagi warga terdampak banjir. Sedangkan, untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetap berjalan lancar karena semua Kelas XI sedang prakerin sehingga ruang kelas kosong bisa dimanfaatkan. Hal serupa juga disampaikan Pengurus Mushala An- Nashar di RT 7/4 Kelurahan Kaligangsa, Sungkono.

Di tempat tersebut menampung lebih dari 50 keluarga. Sebagian besar warga di sekitar mushala memilih mengungsi untuk lebih mudah menjangkau layanan kesehatan maupun konsumsi logistik.”Setiap pagi sejumlah tim medis memeriksa kondisi kesehatan warga. Untuk konsumsi disuplai dari dapur umum dan donatur,” katanya.(H17-15)

Berita Lainnya