15 Februari 2018 | Hukum

Densus 88 Diminta Jelaskan Kematian MJ

  • Terduga Teroris Indramayu

JAKARTA-Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, mendesak Polri menjelaskan penyebab kematian terduga teroris yang ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Indramayu, Jawa Barat, berinisal MJ.

Menurut Dahnil, penjelasan itu penting karena MJ diduga meninggal dunia satu hari setelah ditangkap bersama istrinya, ASN (17), oleh tim Densus 88. "Terlepas dari apakah MJ terlibat dalam jaringan terorisme atau tidak, saya menganggap Densus 88 harus terbuka terkait dengan kematian MJ," kata Dahnil di Jakarta, Rabu (14/2).

Lapor Komnas HAM

Dia mengaku menemukan kejanggalan seputar kematian MJ. Oleh karena itu, menurutnya, Polri perlu memberikan penjelasan seputar hasil autopsi terhadap jenazah MJ agar kejanggalan tersebut tidak menjadi fitnah dan tuduhan.

Dahnil menambahkan, penjelasan ini juga penting agar proses penegakan hukum di Indonesia tetap beradab. "Peristiwa seperti ini bukan mengubur terorisme, namun justru mereproduksi terorisme baru," kata Dahnil. Ia menyarankan agar keluarga MJ mengambil langkah untuk mencari keadilan secara aktif, tanpa perlu takut. Menurutnya, keluarga MJ dapat membawa kasus kematian MJ ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)."Ini penting, dan polisi tidak boleh tertutup terkait dengan hal ini," ujar Dahnil.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengonfirmasi MJ tewas dan telah dimakamkan di Tanggamus, Lampung, Sabtu (10/2) pekan lalu. MJ bersama istrinya ASN (17) diduga merupakan anggota Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) binaan seorang narapidana kasus terorisme di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, Ali Hamka. "Benar, saya dapat informasi itu," kata Irjen Setyo di, Jakarta, Selasa (13/2).

Namun, Setyo mengaku belum mengetahui informasi lebih lanjut terkait penyebab kematian MJ. Kabar tewasnya MJ telah beredar luas di internet dan diberitakan media lokal di Lampung sejak Sabtu (10/2). Beberapa media memuat foto dan video terkait suasana di sekitar area makam MJ. Namun, Polri hingga kemarin belum menjelaskan penyebab kematian terduga teroris tersebut.(F4,K24,cnn-39)

Berita Lainnya