image

SM/Septina Nafiyanti - Naraya Rafa Suryawirawan

15 Februari 2018 | Suara Muria

TRITIS

Senang Matematika Sejak Kecil

”SIAPAbilang matematika susah?” Kalimat inilah yang kali pertama disampaikanNaraya Rafa Suryawirawansaat diwawancarai Suara Merdeka baru-baru ini. Bocah tujuh tahun ini memang sejak kecil menunjukkan kegemarannya terhadap ilmu pasti.

Menurut siswa kelas I SD 1 Barongan Kudus ini, matematika itu mudah, karena bisa dilogika. Ia tertarik belajar matematika sejak sebelum masuk SD.

Saat itu ketertarikannya dimulai ketika ada berita di surat kabar mengenai kejuaraan World Sakamoto Mathematics Championship tingkat Internasional yang berhasil dijuarai salah satu siswa di Kudus. ”Saya pengen jadi juara seperti itu.

Jadi mama mendukung dengan mengikutkan les matematika sakamoto,” ungkap putra pasangan Wahyu Suryawirawan dan Fransisca Retno.

Rafa yang didampingi ibunya Fransisca ini mengaku tidak ada beban ketika belajar matematika. Kuncinya, dari awal ia senang dengan ilmu ini.

Dengan bekal les sakamoto yang diikuti, kini ia bisa memecahkan soal matematika logika yang membutuhkan kejelian tinggi. Bahkan soal itu, menurut Kepala sekolahnya Maskat, belum tentu bisa dikerjakan siswa SD kelas VI.

Dengan modal kemampuannya tersebut, Siswa yang kini berhasil lolos menjuarai World Sakamoto Mathematics Championship Tingkat Provinsi Jawa Tengah ini bersiap untuk maju ke tingkat Nasional pada 25 Febuari mendatang di Jogjakarta.

Ia juga berharap nanti bisa lolos di seleksi nasional dan bisa mengikuti ajang serupa pada tingkat internasional yang rencananya diselenggarakan di Malaysia. ”Sekarang persiapannya belajar rutin, tapi menyenangkan karena ada mama yang mendampingi dan bisa sambil bermain juga,” katanya.

Bagi Rafa, di tengah kesibukannya belajar tetap punya waktu bermain. Baik waktu bermain dengan teman atau bermain sendiri di rumah sambil diberi tebak-tebakan soal oleh orang tuanya. ”Saya tetap boleh main, tapi belajar juga harus karena aku senang belajar,” ucapnya.(Septina Nafiyanti-35)

Berita Lainnya