image

SM/Beni Dewa - KUE UWI : Endang menunjukkan kue dari uwi yang ramai dipesan dalam momen valentine day, Rabu (14/2).

15 Februari 2018 | Suara Muria

Kue Valentine dari Umbi Uwi Diminati

PATI- Pada momen hari kasih sayang atau yang biasa disebut Valentine’s Day, pelaku usaha kue dan donat kebanjiran order. Salah satu yang menikmati berkah Valentine itu Endang Susiloningsih.

Kue buatannya dirasakan cukup menarik perhatian sejumlah muda-mudi. Karena selain memiliki bentuk serupa hati dan tulisan yang bisa dipesan seperti ”Happy Valentine” atau nama seseorang, kue buatannya juga berasal dari bahan yang unik.

Yakni dari Uwi atau sejenis umbiumbian. Endang menyebutkan bila biasanya dalam sehari dirinya mendapatkan order antara 10 hingga 15 pesanan perharinya, sepekan sebelum valentine, mengalami kenaikan hingga 30 persen.

''Biasanya yang banyak itu ya pesanan dengan bentuk tulisan Valentine ataupun bentuk hati. Karena memang lagi momennya,'' kata Endang, kemarin. Dalam menjual, Endang via online.

Sehingga penjualan banyak dari pesanan bukan sengaja menjajakan. Untuk setiap paket valentine dikatakannya dijual dengan harga Rp 50 ribu. Untuk alasan penggunaan bahan umbi, Endang mengaku terinspirasi dari temannya yang berinovasi kuliner.

Hal itulah yang kemudian membuatnya mencoba membuat donat dari bahan uwi yang masih sejenis umbi-umbian. ''Kalau untuk cara membuatnya sebenarnya hampir sama dengan membuat donat seperti biasa.

Bahannya seperti tepung terigu, gula, susu, mentega dan telur,'' imbuhnya. Caranya, uwi terlebih dahulu dikupas, kemudian diulek agar menjadi lembut. Setelah lembut, uwi dicampur dengan bahan lainnya.

Adonan kemudian dicampur dengan air sedikit, untuk nantinya dibentuk menjadi donat. ''Karena bertepatan dengan hari valentine, maka dibentuklah lambang cinta, dan tulisan hari valentine kemudian diberi toping dari coklat ataupun lainnya. Setelah selesai lalu siap untuk dikemas,'' jelasnya.(dwa-75)

Berita Lainnya