23 Maret 2018 | Internasional

Tak Sengaja Temukan Fosil Berusia 65 Juta Tahun

SALEM- Anak perempuan bernama Naomi asal Bend, Negara Bagian Oregon (AS), bernama Naomi menemukan batu fosil di dekat sebuah lapangan sepak bola. Ternyata, fosil tersebut diketahui berusia 65 juta tahun. Penemuan itu berawal ketika bocah berusia 6 tahun tersebut merasa bosan menyaksikan saudara perempuannya bermain sepak bola. Dia pun memutuskan untuk berkeliling dan pergi ke semak-semak di dekat lapangan.

Kalung Mistis

Ketika sedang asyik berjalan, dia menemukan sebuah batu kecil yang mengingatkan dia akan kalung mistis dalam film Moana. Peristiwa ini terjadi pada Oktober 2017. Benda yang ditemukan gadis kecil itu ternyata adalah fosil ammonite, binatang laut yang pernah hidup puluhan jutaan tahun yang lalu. Direktur Koleksi Paleontologi di Museum Sejarah Alam dan Budaya Universitas Oregon, Greg Retallack, mengatakan fosil ammonite tidak umum ditemukan di Oregon.

Dalam beberapa kasus yang sangat langka, fosil ammonite bisa bernilai hingga 50 ribu dolar AS atau sekitar Rp 687 juta. Retallack berharap bisa bertemu dengan Naomi pada suatu hari nanti sebagai seorang mahasiswa dalam program paleontologi. Belum diketahui apa yang akan diperbuat Naomi dengan fosilnya. Ayahnya menyebut Naomi begitu senang menemukan fosil pertamanya tersebut. ”Dia senang telah menemukan fosil. Dia pastilah satusatunya orang di keluarga kami yang membuat penemuan itu,” kata ayah Naomi, Vaughan.(cnn-25)