08 April 2018 | Arsitektur

”The Twist and Shout House” Memenangi Penghargaan Properti

PRESTASImembanggakan diraih arsitek muda Revano Satria. Desain rumah tinggal karyanya terpilih sebagai pemenang Architecture International Property Awards 2018 kategori architecture single residence. Penghargaan diberikan Property Awards of Chelmsford Inggris. Rancangan rumah tinggal bertajuk ”The Twist and Shout House” itu menyisihkan 830 karya lain dari berbagai kategori.

”Kategori pada ajang itu meliputi hotel, real estate, interior, dan arsitektur. Kategori arsitektur rumah tinggal dimenangi ‘The Twist and Shout House’,’’kata Revano. Dia butuh perjuangan untuk menyelesaikan rancangan itu selama empat tahun. ”Standar yang diterapkann juri terhitung tinggi,’’ ujar alumnus 2006 Universitas Katholik Parahyangan itu.

Dia, yang pernah studi di AA School of Architecture London dan mendapatkan gelar master bidang emergent technologies and design, bekerja keras untuk meraih penghargaan itu. Sebab, tim MSSM Associates dan RSI Group yang dia pimpin diminta membuktikan proses desain sejak awal sampai akhir. Pembuktian meliputi material dan metode kategori green buildingserta sesuai dengtan sistem keamanan dan peraturan daerah. Tim membuat semacam submisi yang makan waktu dua bulan untuk persiapan.

Berbagai Aspek

Ini bukan penghargaan pertama bagi Revano. Pada 2006 lewat karya ”School Of Art”, dia memenangi penghargaan 3 SAAAwards: The Best of the Best Design, The Excellent Design and Favorite Design.

Usai merampungkan pendidikan di London, dia bekerja di Engineering Consultant Buro Happold untuk proyek Zaha Hadid di Kairo, Mesir. Selesai dari Buro Happold, Revano kembali ke Tanah Air mengembangkan dunia arsitektur dan interior. Pada 2011 dia terpilih mewakili Indonesia ke UIA 2011 Tokyo, Word Congress of Architecture, bersama 30 arsitek nasional Indonesia. Saat ini, dia CEO RSI Group International yang menangani jasa desain meliputi arsitektur, serta desain interior, furnitur dan grafis. (Roosalina-63)