17 April 2018 | Suara Pantura

Kesehatan Reproduksi Remaja Disosialisasikan

SLAWI-Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UP2M) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Bhakti Mandala Husada (Bhamada) Slawi belum lama ini memberi penyuluhan kesehatan dan reproduksi remaja bagi siswa-siswi SMK di Slawi.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat dari perguruan tinggi tersebut. Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat Natiqotul Fatkhiyah mengatakan, dalam kegiatan tersebut STIKes Bhamada bekerjasama dengan Puskesmas Slawi memberi penyuluhan kepada siswa-siswi SMK Kawit An Nur dan SMK NU Slawi.

”Diharapkan dengan penyuluhan ini, pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja akan meningkat. Mereka juga dapat melakukan praktik perawatan kesehatan reproduksi dengan lebih baik, sehingga mencegah dan melindungi remaja dari perilaku berisiko yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi,” jelas Natiqotul, kemarin.

Lebih lanjut Natiqotul menyebutkan, penyuluhan ini sekaligus mempersiapkan remaja untuk menjalani kehidupan reproduksi yang sehat dan bertanggung jawab meliputi kesehatan fisik, psikis, serta sosial. Dengan pengetahuan yang dimiliki , mereka diharapkan nantinya menikah dan menjadi orang tua pada usia yang matang.

Hasil dari kegiatan pelayanan informasi KRR terebut, para siswa dari SMK Kawit An Nur maupun SMK NU Slawi telah mengerti tentang masalah kesehatan reproduksi yang sering terjadi dan cara penangggulangannya jika terjadi pada diri sendiri maupun lingkungan sekitar. ”Hal ini tampak pada saat penyuluhan KRR yang diikuti oleh 76 siswa, dialog interaktif dalam penyuluhan, para siswa antusias dalam bertanya maupun menjawab pertanyaan dari tim pelaksana penyuluhan,” jelasnya.

Dengan penyuluhan ini, selain membantu para remaja memahami KRR, diharapkan para remaja dapat mencari solusi terhadap masalah kesehatan reproduksinya. Diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut dengan pembentukan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) di tingkat sekolah.(H45-74)