image

SM/dok : JUARA ROBOTIK : Pememang lomba Robotik Nasional berfoto bersama dengan guru pembimbing Rosinta Atmasari dan Kepala SD Nasima, Sri Budiyani. (22)

17 April 2018 | Semarang Metro

SD Nasima Juara Nasional Robotik di Surabaya

SEMARANG- SD Nasima Semarang kembali menorehkan prestasi menjuarai lomba Robotik Nasional. Setelah beberapa waktu lalu berjaya di tingkat Kota Semarang dan Provoinsi Jawa Tengah, dua siswa SD Nasima, yakni Sulthan Nafi’ Abdullah dan Rizqy Yusuf Adinegoro meraih juara II pada Kejuraan Nasional Industrial Automation and Robotic Competition (IARC) yang berlangsung di Gedung Pusat Robotika Institut Teknologi Surabaya (ITS), barubaru ini.

Guru pembimbing ekstrakurikuler Robotika SD Nasima Rosinta Atmasari menjelaskan, Sulthan dan Rizqi, siswa kelas V itu memenangi lomba untuk kategori Lego Programmer tingkat SD. IARC merupakan ajang tahunan Lomba Robotik untuk siswa SD, SMP, SMA, dan mahasiswa yang digelar oleh ITS. IARC 2018 untuk kategori SD diikuti 32 tim dari berbagai kota besar di Indonesia, seperti Semarang, Surabaya, Malang, Tulungagung, Kediri, Bangkalan, dan kota-kota lainnya.

Adapun SD Nasima mengirimkan tiga tim dalam ajang tersebut. Rosinta menjelaskan, kemenangan tim asuhannya tidak lepas dari persiapan matang yang dilakukan anak-anak, kerja sama pelatih, sekolah, dan orang tua murid. ”Untuk menghadapi lomba ini, anak-anak giat berlatih. Terkadang berlatih sampai pukul 22.00 bersama pelatihnya. Dalam lomba, kerja sama tim, komunikasi yang solid juga sangat menentukan. Karena dalam lomba robotika membutuhkan ketangkasan, ketelitian, dan kedisiplinan waktu. Alhamdulillah anak-anak dapat menjalankan instruksi yang diberikan pelatih. Hasilnya berbuah manis, kami menjadi juara,” kata Rosinta yang juga ikut mendampingi anak asuhnya ke Surabaya.

Lebih lanjut, Rosinta mengatakan, konsentrasi yang tinggi juga menjadi kunci keberhasilan anak asuhnya. Kepala SD Nasima, Sri Budiani mengatakan, keberhasilan timnya juga tidak terlepas dari pembinaan yang selama ini dilakukan. Anak-anak yang berprestasi ini, Sulthan dan Rizqi, berbagung dalam ekstra kurikuler robotika . Adapun juara 1 diraih SD KR Gloria Surabaya, juara 2 SD Nasima Semarang, dan juara 3 SD Al Azhar 25 Semarang.(B13-22)