17 April 2018 | Solo Metro

Polres Rotasi 10 Jabatan Kapolsek

  • Penyegaran Personel

KLATEN- Sebanyak 10 jabatan Kapolsek di jajaran Polres Klaten dirotasi serentak, Senin (16/4). Upacara serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono di halaman Mapolres. ”Rotasi jabatan bersifat sebagai penyegaran tugas di lingkungan Polri,” kata Kapolres AKBP Juli Agung Pramono, Senin (16/4) saat memimpin serah terima jabatan di halaman Mapolres.

Upacara serah terima jabatan Kapolsek diikuti oleh Wakapolres Klaten, para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran, perwira, Ketua Bhayangkari beserta pengurus cabang. Upacara juga dihadiri oleh jajaran Muspida Kabupaten Klaten.

Menurut Kapolres dengan adanya rotasi jabatan itu, seluruh personel diharapkan lebih mampu memikul tanggung jawab sebagai penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Apalagi jabatan Kapolsek merupakan unjuk tombak pelayanan dan operasional kepada masyarakat secara terus-menerus. Terlebih lagi peran Kapolsek secara dini bisa membaca dan mengambil langkah antisipasi terhadap gangguan Kamtibmas yang muncul di masyarakat.

Tantangan Berat

Pada kesempatan itu Kapolres Klaten memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kinerja Kapolsek selama ini. Mantan Kapolres Batang itu berpesan kepada seluruh personel agar mampu mewujudkan visi dan misi Polri kapan dan di mana pun berada.

Sebab keberhasilan tugas Polri sangat ditentukan oleh profesionalisme dalam menjalani tugas seharihari. Untuk itu, Kapolsek baru diminta menjadikan jabatan baru sebagai amanah. Sebanyak 10 jabatan Kapolsek yang mengalami pergeseran meliputi Kapolsek Polanharjo, AKP M Ismail menempati jabatan baru sebagai Kapolsek Ceper. Posisinya digantikan oleh AKP Sugeng Handoko yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Karanganom. Posisi Kapolsek Karanganom ditempati oleh pejabat baru AKP Sutarno yang sebelumnya menjabat Kasubbag Bin Ops Bagops.

AKPBarozi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Gantiwarno bergeser menjadi Kapolsek Karangnongko. Sementara AKP Kanang Asiyanto yang sebelumnya menjabat Kasubbag Dalgar Bagren menempati jabatan baru sebagai Kapolsek Gantiwarno menggantikan AKP Barozi.

Kapolsek Tulung, AKP Parmo Muhtarom bergeser menjadi Kapolsek Jatinom. Posisinya digantikan oleh AKP Suyarta yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Klaten Utara. Posisi Kapolsek Klaten Utara akan diisi oleh AKP I Wayan Nartha yang sebelumnya bertugas sebagai Kapolsek Wonosari. Kekosongan posisi yang ditinggalkan oleh AKPI Wayan Nartha ditempati oleh AKPWidji DM yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Trucuk. Sementara jabatan Kapolsek Trucuk diemban oleh pejabat baru, Iptu Aleg Ipanudin yang sebelumnya bertugas sebagai Kapolsek Kalikotes.

Kapolres AKBP Juli Agung Pramono menambahkan, tugas dan tantangan Polri ke depan tidak semakin ringan. Semua personel harus mampu menjawab tantangan dengan profesionalisme.(H34-43)