image

JARING ATLET : Kejuaraan bola voli antarsekolah se-Kecamatan Sarang yang digelar SMPN 1 Sarang bertujuan untuk menjaring bibit atlet berbakat dari cabang bola voli. (suaramerdeka.com / Ilyas al-Musthofa)

23 Januari 2018 | 19:01 WIB | Cabang Olahraga

HUT Ke-35, SMPN 1 Sarang Jaring Bibit Atlet Bola Voli Lokal

REMBANG, suaramerdeka.com– Dalam rangka HUT ke-35, SMPN 1 Sarang menggelar kejuaraan bola voli dan sepak takraw antar-Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Sarang. Kejuaraan yang baru pertama kali digelar ini bertujuan untuk menjaring bibit atlet berbakat sejak dini di Kabupaten Rembang.

Di cabang bola voli, SDN Kalipang 2 menjadi jawara setelah menekuk perlawanan SDN Temperak. Pada cabang sepak takraw, SDN Bajongjowo 1 menjadi juara setelah membenamkan SDN Banowan. Kepala SMPN 1 Sarang, Harjanta berharap, dua kejuaraan olahraga yang banyak diminati masyarakat itu bisa memberikan panggung bagi para pelajar berbakat mengembangkan kemampuan. Sehingga, kemampuan teknik dasar yang dimiliki bisa terasah melalui persaingan dalam kejuaraan resmi.

Menurut Harjanta, perlu upaya banyak pihak untuk menghidupkan potensi olahraga yang dimiliki pelajar. Keberadan turnamen menjadi salah satu faktor pendukung bakat dan kemampuan pelajar bisa berkembang sempurna.

“Dalam rangka HUT ke-35, selain menggelar agenda internal, seperti istighosah dan tasyakuran, agar memiliki manfaat untuk masyarakat, kami juga menjaring bibit atlet potensial melalui turnamen bola voli dan sepak takraw. Ternyata banyak potensi dari bola voli dan takraw yang dimiliki oleh pelajar di Sarang. Ini harus dikembangkan,” terang dia.

Ia menyebut, keberadaan turnamen olahraga untuk kalangan pelajar efektif menangkal potensi kenakalan akibat pegaruh lingkungan. Oleh karena itu, perlu diperbanyak turnamen serupa dengan sasaran kalangan pelajar. Camat Sarang, Mutaqin menyatakan dukungannya atas program inovatif dengan manyasar pelajar. Menurutnya kesuksesan pendidikan tolak ukurnya bukan hanya di dalam sekolah melainkan juga prestasi dan program di luar sekolah.

(Ilyas al-Musthofa /SMNetwork /CN26 )