image

Foto: Istimewa

24 Januari 2018 | 03:38 WIB | Raket

Wakil Tuan Rumah Belum Temui Hambatan

JAKARTA, suaramerdeka.com- Para pebulu tangkis tuan rumah belum menemui hambatan berarti pada hari pertama ajang Daihatsu Indonesia Masters 2018. Mereka melenggang mulus usai mengalahkan lawan-lawannya. Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menyingkirkan Riky Widianto/Masita Mahmudin, 23-21, 21-17 pada babak pertama yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (23/1).

Tontowi/Liliyana sempat kesulitan menghadapi yuniornya di game pertama. Saling kejar poin terus terjadi hingga mencapai deuce. Berkat pengalaman yang dimiliki, Owi/Butet berhasil mengakhiri permainan dengan skor 23-21. Pada game kedua Tontowi/Liliyana mulai bermain tenang. Mereka tampak bisa menguasai irama permainan hingga menyudahi game kedua lebih awal, 21-17.

Hasil manis juga ditorehkan Debby Susanto/Ricky Karanda Suwardi. Dua atlet yang belum lama dipasangkan ini sukses mengalahkan wakil Hong Kong, Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah. Meski sempat kalah di game pertama 15-21, namun Debby Ricky mampu bangkit di game kedua dan ketiga setelah mendapat skor 21-12, 21-10.

Pemain tunggal putra Sony Dwi Kuncoro juga melaju ke babak utama setelah menyingkirkan dua lawannya pada babak kualifikasi. Atlet yang pernah menghuni pelatnas Cipayung ini menang atas Chico Aura Dwi Wardoyo, 21-11, 17-21 dan 21-18. Sedangkan di kualifikasi kedua, Sony menundukkan Vega Vio Nirwanda dua game langsung. Dia hanya butuh waktu 38 menit untuk mengakhiri pertandingan dengan skor 21-18, 21-9.

Sony mengakui lawan pertama yang dihadapi memang cukup ulet. Dia harus memeras keringat ekstra karena sempat kalah di game kedua. "Pertandingan yang cukup ketat. Lawan bermain bagus dan dia sangat cepat. Chico bisa jadi calon masa depan atlet bulu tangkis Indonesia," kata Sony.

Pada babak utama, Sony sudah ditunggu unggulan ketujuh asal Hong Kong, Ng Ka Long. Hasil menggembirakan juga diraih tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung. Pada babak kualifikasi, atlet asal Wonogiri tersebut sukses menyingkirkan wakil Denmark, Sofie Holmboe Dahl dengan waktu cukup cepat, 26 menit.

Mantan juara dunia Superliga Junior ini unggul 21-12, 21-13. Pada babak utama nanti, Gregoria akan menghadapi wakil Malaysia, Goh Jin Wei, yang sebelumnya juga memulai dari kualifikasi.

(Arif M Iqbal /SMNetwork /CN26 )