image

Foto: crash.net

09 April 2018 | 09:39 WIB | MotoGP

Tindakan Sembrono Marquez Disebut Rossi Sudah Hancurkan MotoGP

TERMAS DE RIO HONDO, suaramerdeka.com- Marc Marquez disebut Valentino Rossi sudah menghancurkan MotoGP dengan tindakan sembrononya. Insiden di balapan MotoGP Argentina sudah membuat Rossi marah besar. "Ini adalah situasi yang sangat buruk, karena dia menghancurkan olahraga kami, karena dia tak punya sedikit pun respek untuk para rivalnya, tak pernah," kata Rossi seusai balapan.

Dalam balapan di sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (9/4) dini hari WIB, pebalap Movistar Yamaha itu sebenarnya punya peluang besar untuk meraih poin. Sayang, manuver Marquez tersebut membuat peluang Rossi musnah.

Saat itu, kedua pebalap tengah berebut posisi keenam di empat putaran terakhir. Di turn 13, Marquez mencoba untuk melewati Rossi dari sisi dalam, namun menyenggol pebalap Italia itu hingga melebar ke area rumput.

Akibatnya Rossi pun terjatuh dan memperlihatkan reaksi marah, sedangkan Marquez terus melaju meski sempat memperlihatkan gestur minta maaf. Meski bisa meneruskan lomba setelah kejadian tersebut, Rossi kehilangan banyak posisi dan akhirnya cuma finis di posisi ke-19.

Sementara itu, Marquez yang finis di posisi kelima dihukum penalti 30 detik akibat "mengendara dengan sembrono" dalam insiden dengan Rossi sehingga posisinya melorot ke posisi ke-18. "Ketika Anda melaju 300 km/jam di atas trek, Anda harus punya respek untuk rival Anda, Anda harus kuat, Anda harus berusaha maksimal, tapi kalau berbuat seperti itu sudah berlebihan," tambahnya seperti dikutip Autosport.

Seusai balapan, Marquez sebenarnya langsung mendatangi garasi Yamaha dengan maksud meminta maaf kepada Rossi. Namun, dia dicegah oleh tangan kanan Rossi, Uccio Salucci. Senggolan dengan Rossi bukan satu-satunya insiden Marquez di Argentina. Pebalap Repsol Honda itu sebelumnya menyenggol Aleix Espargaro. Untungnya, Espargaro tak sampai terjatuh. Akibat senggolan dengan Espargaro, Marquez dikenai hukuman berupa turun satu posisi dalam balapan.

(Andika Primasiwi /Crash /CN26 )